5 Tips Kerja di Bulan Ramadhan

تنزيل (1)

5 Tips Kerja di Bulan Ramadhan >>Dengan datangnya bulan Ramadhan, kita sebagai umat muslim hendaknya menyikapi dengan sikap suka cita dan penuh gembira. Mengapa? karena di bulan ini merupakan bulan yang penuh berkah, bulan penuh rahmat, dan  bulan maghfirah, Celakalah jika kita bersikap acuh tak acuh dengan kehadiran bulan romadhan.

Untuk mendapatkan keberkahan bukan Ramadhan, hendaknya kita menjalankan puasa sebagai amalan wajib di siang hari, taraweh sebagai amalan sunah di malam hari hendaknya dilakukan dengan keseriusan. Disamping itu juga kita dapat meningkatkan amalan-malan lainnya seperti  memperbanyak membaca Alquran, bersodaqah, silaturahmi, ataupun amalan-amalan yang lainnya.

Disaat bulan Ramadan seperti ini merupakan saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah, karena pada bulan ini sebagai sebuah latihan mental untuk meningkatkan status rohani kita, baik dalam meningkatkan ibadah kita kepada Allah, maupun dalam rangka meningkatkan kepedulian sosial kita kepada orang miskin.

5 Tips Kerja di Bulan Ramadhan merupakan paduan agar ketika berpuasa tetsp dapat melakukan aktifitas dengan baik. Dengan berpuasa akan menghilangkan sifat takabur, merasa dirinya lebih dari orang lain. Dengan puasa akan dapat melahirkan jiwa-jiwa yang tawadhu, dan akan meningkatkan sifat kedermawanan

Baca selengkapnya Menyambut Hari Kemenangan dan Puasa sebagai Sarana Mendidik Mental

images

Tips Kerja Puasa di Bulan Ramadhan

Bekerja adalah kewajiban dalam rangka mencari rizki, untuk memenuhi sagala macam kebutuhan hidup keluarga. Memang bagi sebagaian kecil masyarakat, ingin mempergunakan saat-saat Ramadhan ini untuk fokus memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan akherat saja. Namun bagi mereka yang tetap melaksanakan pekerjaan, adalah suatu pilihan yang tidak salah.

Untuk itu, ada beberapa tips bagai mana menyikapi ketika anda dituntut untuk melakukan pekerjaan, sementara disisi lain anda sedang melaksanakan ibadah puasa.

1. Niatkan Ibadah dalam Bekerja

Segala sesuatu diawali dengan niat. Pernyataan ini merupakan hadis Nabi saw. yang menyatakan bahwa segala sesuatu perbuatan hendaknya didasari dengan niat untuk beribadah. Menghubungkan niat ketika beribadah dalam  berpuasa dan niat beribadah dalam bekerja, akan meringkankan beban beratnya pekerja.

Pahami bahwa segala sesuatu yang kita lakukan di dunia ini sebagai bentuk ketaatan kita kepada Allah. Ketika kita berkerja, bahwa di dalam bekerja terdapat banyak perintah Allah. Ketika bertani, pahami bahwasanya dalam bertani banyak perintah Allah, dan juga dalam bentuk pekerjaan lainnya, bahwa semua banyak perintah-perintah Allah.

2. Selalu Dzikir Kepada Allah

).push({});

Berdzikir kepada Allah merupakan ruhnya ibadah. Ibadah kita tidak akan mempunyai makna ketika tidak diisi dengan dzikrullah. Tetapi kita juga harus menyadari sesungguhnya kwalitas ibadah kita masih rendah, mengapa? karena masih “kosong” dari dzikrullah.

Dengan meningkatkan frekwensi dzikrullah pada setiap saat, terutama ketika kita beribadah, maka akan meringankan beban hati dalam melaksanakan perintah tersebut, sebaliknya semakin kosong dzikrullah maka semakin menambah beban berat dalam melaksanakan perintah tersebut.

Begitu juga dengan bekerja ketika kita puasa ramadhan, dengan banyak mengisinya dzikrullah, maka beban bekerja kita akan terasa sangat ringan.

3. Mengatur frekwensi Kerja

Ada banyak macam pekerjaan yang dilakukan oleh kaum muslimin, dari pekerjaan yang sifatnya ringat, sedang dan ada pula yang bersifat berat atau kasar. Aturlah frekwensi kerja anda dengan tepat, disesuaikan dengan situasi dan kondisi  vitalitas kekuatan tubuh anda.

Dengan mengatur frekwensi pekerjaan anda, maka anda akan berada dalam keadaan normal sehingga puasa anda akan tetap berlangsung tanpa letih dan lelah yang berlebihan. Beristirahatlah dengan mengatur dan mengolah energi tubuh anda, sehingga anda dapat mengembalikan vitalitas tubuh.

4. Bersahurlah dengan makanan “energi”

Bersahur dalam berpuasa ramadan adalah sunah. Rasululah saw. menganjurkan untuk bersahur, walaupun hanya dengan satu biji korma. Bersahur akan mendatangkan kekuatan saat melaksanakan puasa.  Baca Keutamaan Makan Sahur

Bagi anda yang bekerja dengan jenis pekerjaan sedang dan berat hendaknya anda membantu tubuh dengan asupan makanan energi, seperti mengkomsumsi madu, atau suplemen-suplemen lainnya agar anda tidak drop disaat puasa.

5. Tidur Siang

Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Ketika anda mempunyai kesempatan istirahat, misalnya istirahat shalat dzuhur, maka setelah shalat gunakan untuk istirahat sesaat dengan merebahkan badan, biarkan diri anda memejamkam mata sesaat. Ini dapat mengembalikan vitalitas kesehatan anda.

Baca selengkapnya Tujuh Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Jadwal Imsyakiyah 2015 Ramadan 1436 H

 

Related posts

Leave a Comment

*