9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

download (15)

9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung >> Jantung adalah bagian tubuh yang sangat vital, tempat sumber kendali peredaran darah dalam tubuh manusia. Karena sangat vitalnya organ jantung dalam hubungannya dengan kesehatan tubuh manusian, maka jika ada masalah dengan jantung akan berimbas pada kesehatan tubuh yang lainnya. Untuk itu agar tubuh sehat diperlukan kesehatan jantung yang optimal. Adapun peranan jantung dalam tubuh manusia adalah untuk  mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh. Namun demikian ternyata hari ini banyak orang yang terserang jantung, padahal mereka mengkonsumsi makanan yang tergolong bergizi, untuk itu kali ini saya akan berbagi tentang 9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung, semoga memberikan manfaat bagi anda semua.

Untuk mendapatkan kwalitas kesehatan jantung, sangat   diperlukan usaha yang berguna bagaimana meningkatkan kesehatan jantung, karena dengan jantung yang yang sehat, maka anda akan terhindar dari kemungkinan serangan jantung. Sebaliknya jika mempunyai janting yang tidak sehat atau mempunyai penyakit jantung maka setiap saat akan  dibayangi ketakutan adanya  serangan jantung yang sangat mematikan tersebut.

Fakta menunjukan bahwa  penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang populer yang mempunyai tingkat angka kematian yang sangat tinggi. Untuk itu untuk menjaga kesehatan jantung, maka diperlukan menjalani gaya hidup sehat.

download (15)

Berikut ini saya akan share tentang 9 Tips Menjaga Kesehatan Jantung yang dapat anda lakukan :

l. Menjaga kesehatan jantung dengan berolah raga

Berolah raga adalah cara terbaik menjaga kesehatan secara menyeluruh termasuk di dalamnya kesehatan jantung, Dengan berolah raga maka denyut jantung akan sangat sehat, peredaran darah akan smakin normal, dan secara umum kesehatan tubuh akan terus meningkat. Dengan latihan olah raga yang dilakukan secara rutin seperti jooging, jalan cepat atau bahkan bersepeda dapat memberikan efek kesehatan yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan New England Journal of Medicine ternyata dengan olah raga ringan  jalan sehat selama 2,5 jam/setiap minggu, maka dapat mengurangi sepertiga risiko terkena serangan jantung dan stroke

Perlu diingat bahwa  cara berolah raga untuk menjaga kesehatan jantung  tentu berbeda dengan olah raga pada umumnya. Dimana olah raga untuk menjaga kesehatan jantung lebih ditekankan dalam meningkatkan kesehatan jantung seperti dengan bersepeda, jalan sehat dan lari-lari kecil. Jenis olah raga tersebut jika dilakukan secara rutinitas akan menghasilkan peningkatan pada kwalitas jantung anda.

Lakukan olahraga ini setiap hari dengan meluangkan waktu 15 menit sampai 30 menit. Dengan cara olah raga ringan ini akan meningkatkan kesehatan jantung bahkan akan meningkatkan kesehatan organ lainnya seperti paru – paru dan organ tubuh lainnya. Dengan aktifitas olah raga tersebut juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. 

2. Hindari atau berhenti mer*k*k

Hari ini banyak sekali kompanye yang menyerukan untuk meninggalkan merokok, mulai dari kalimat bahwa  merokok menyebabkan kanker, penyakit jantung dan gangguan kehamilan, tetapi seakan tidak mempunyai efek jera bagi para pecandu untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

).push({});

Bahkan tidak tanggung-tanggung, dengan kalimat yang sangat ekstrem “Merokok dapat membunuh mu” yang terdapat pada setiap kemasan rokok. Namun seakan peringatan tersebut pun tidak berpengaruh apa-apa, kebiasaan jeleknya tetap saja berlanjut hingga tidak ada ujungnya.  Sesungguhnya merokok dilihat dari bebagai sudut tidak ada sedikitpun manfaatnya. Dari segi kesehatan jelas mer*k*k dapat membuhumu, dari segi ekonomi, mer*k*k merupakan tindakan pemborosan keuangan, lebih banyak hal lain yang masih perlu di perhatikan dibanding dengan mer*k*k.

Bagi anda yang tidak merokok harus terus hindari mer*k*k, adapun bagi anda yang mer*k*k hendaknya berhenti dari mer*k*k. R*k*k banyak menimbulkan masalah bagi kesehatan. Selain tidak baik untuk kesehatan paru-paru, mer*k*k juga tidak baik untuk kesehatan jantung.

Kandungan nikotinenya sedikit demi sedikit akan merusak organ penting dalam tubuh seperti jantung dan paru – paru. Meski efeknya tidak secara langsung, namun rokok memang sudah terbukti menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

3. Hindari Makanan Berlemak

Untuk meningkatkan kesehatan jantung hendakya anda menghindari makanan yang berlemak. Makanan berlemak jika dikonsumsi secara berlebihan akan sangat merugikan kesehatan pada umumnya, dan mengganggu kesehatan jantung pada khususnya.

Lemak yang banyak dikandung oleh makanan berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan sebagai akses utama darah untuk menuju jantung. Selain itu, lemak juga akan membuat kadar kolesterol seseorang menjadi meningkat. Tentu kedua hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia. Karena itulah, hindarilah makanan yang mengandung banyak lemak jahat.

4. Konsumsi Air Putih

Meminum air putih adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk di dalamnya menjaga kesehatan organ tubuh yang namanya jantung. Bahkan air putih pada sebagaian kalangan dijadikan sebagai media untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanpa kecuali seluruh penyakit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi banyak air putih.

Dengan meminum air putih dapat meningkatkan kesehatan jantung pada tahap yang optimal. Khusus bagi anda yang sedang mempunyai masalah dengan kesehatan jantung, anda juga dapat melakukannya dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. jika biasanya anda meminum air putih sebanyak 8 gelas, maka mulai sekarang biasakan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.

5. Konsumsi Makanan Sehat
Dengan mengonsumsi makanan sehat maka akan memberikan pengaruh yang sangat besar dalam menjaga kesehatan jantung. Hendaknya anda memilih makanan yang mempunyai  kolesterol rendah, atau makanan dengan kandungan rendah lemak,  serta makanan dengan  rendah garam, agar terjaga kesehatan jantung lebih terjamin. Disamping itu, hendaknya anda memberikan asupan makanan sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian dll.
6. Menghindari  Minumam  beralkohol
Hendaknya anda menghindari minuman yang mengandung alkohol, karena minuman yang mengandung alkohol akan mempunyai potensi merusak kesehatan jantung terutama pada otot-otot jantung.
7. Memperbanyak minum Teh Hijau,
Teh hijau banyak  mengandung zat antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan jantung, oleh karenanya hendaknya anda banyak minum teh hijau,  Seduhlah teh hijau untuk minuman anda secara rutin akan membantu untuk meningkatkan kesehatan jantung.  Dengan meminum dua sampai tiga cangkir teh hijau mempunyai manfaat untuk melindungi kesehatan jantung anda.
8. Tidur Malam Berkualitas
Berdasarkan penelitian pada kebanyakan penderita jantung adalah mereka yang tidak menjaga tidur malam dengan baik, oleh karenanya hendaknya anda menjaga agar dapat tidur malam paling tidak 8 jam perhari. Dengan cara ini anda akan berkurang resiko terserang penyakit jantung yang sangat membahayakan.
Usaha melakukan  tidur yang cukup adalah  sangatlah penting karena jika anda selalu tidur yang kurang yang kurang maka akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Menurut penelitian  bahwa seseorang yaang kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada kesehatan seperti berat badan anda, lesu, tidak bersemangat,  masalah pada jantung.
Secara umum orang memandang   bahwa tidur yang cukup sangatlah penting, namun terkadang  mereka tidak berusaha untuk melakukan tidur dengan sempurna dengan beragam alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game atau pun karena alasan lainnya.
9. Menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung, oleh karenanya hendaknya menghindari masalah-masalah yang berhubungan dengan tekanan mental yang mengakibatkan datangnya stress. Jika anda sedang mempunyai masalah yang sangat berat, maka usahakan anda menghilangkannya misalnya dengan menangis, berteriak, atau bahkan anda dapat melakukannya dengan mencari suasana baru unruk refreshing.

Baca artikel bertikel ;

Itulah 9 tips menjaga kesehatan jantung dengan cara yang sangat alami dan sederhana, semoga memberikan manfaat bagi anda, Jika ada pertanyaan atau komentar, masukan dalam kolom di bawah ini.

Related posts

Leave a Comment

*