Adat perkawinan di Arab Saudi

Arabic-Bridal-Mehendi-Designs-2012-300x239

Adat perkawinan di Arab Saudi >> Membicarakan hal ihwal yang berhubungan dengan masyarakat Arab Saudi adalah sangat menarik, Mengapa ? Ada banyak faktor yang menjadi pendorong mengapa masyarakat Arab Saudi banyak menyedot perhatian sebagian besar masyarakat dunia pada umumnya dan masyarakat kita pada khususnya. Salah satunya adalah karena erat dengan sumber turunnya Agama Islam, yakni agama yang kita anut, sehingga ketika kita membicarakan tentang pengetahuan Islam maka secara otomatis membicarakan sang pembawanya yakni Baginda Muhammad SAW. yang notabene orang Arab.

Hal yang kedua adalah bahwa masyarakat Arab selalu dihubungkan dengan kondisi yang mewakili kemurnian ajaran Islam yang sementara ini banyak di kaji oleh sebagian masyarakat muslim, sehingga ada saja sisi yang menarik yang menjadi perhatian masyarakat dunia pada umumnya, termasuk masyalah adat perkawinan di Arab Saudi.

Pernikahan orang Arab secara syariat tentu sama dengan masyarakat muslim pada umumnya, yakni diawali dengan pertunangan. Khusus di lingkungan masyarakat Arab pertunangan erat hubungannya dengan kesanggupan menyerahkan sejumlah uang kepada pihak mempelai calon penganten wanita. Berfariasi tentang jumlah uang yang diminta oleh keluarga calon penganten wanita, bergantung dengan tingkat status sosial dari kedua calon penganten. Semakin tinggi tingkat status sosial kedua calon penganten semakin tinggi pula tingkat permintaan dan kesanggupan calon penganten laki-laki.

Setelah terjadi kesepakatan, maka dilakukanlah rangkaian pernikahan yang diawali dengan  acara ijab-qobul yang dan dilanjutkan pada acara resepsi pesta perkawinan. Pada acara Ijab Qobul ini dilakukan di depan mutawaif yang dihadiri oleh kedua belah pihak pasangan penganten, beserta beberapa karib kerabat kedua belah pihak.

Hal lain yang sangat penting dalam pernikahan masyarakat arab adalah adanya perjanjian pernikahan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak yang juga ditandatangani oleh para saksi yang menguraikan tentang tanggungjawab secara spesifik tentang hal-hal yang berhubungan dengan perkawinan, tentang jumlah uang yang diserahkan kepada wali,  tentang mas kawin dan hal-hal lain yang menyangkut tentang hak dan kewajiban setelah perkawinan dilangsungkan.

Baca selengkapnya WNI Di Arab Saudi Rayakan Idul Fitri Bersama Aa Gym dan Wajah Baru Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

).push({});

Arabic-Bridal-Mehendi-Designs-2012-300x239

Perayaan

Setelah acara ijab qobul pernikahan dilangsungkan, maka biasanya dilanjutkan dengan acara perayaan yang diselenggarakan di tempat khusus yakni yang dinamakan ghasur. Dalam acara perayaan perkawinan ini semuanya ditanggung oleh pihak penganten laki-laki. Beragam biaya yang dihabiskan, namun bagi kelas menengah untuk perayaan pernikahan paling tidak menghabiskan antara 100.000 SR atau sekitar 350 juta rupiah.

Dalam Perayaan  Adat Perkawinan di Arab Saudi antara pengunjung pria dan wanita ditempatkan pada ruang yang berbeda, artinya bahwa kedua jenis pengunjung tidak saling menyatu dalam satu ruangan, melainkan dalam ruangan yang berbeda. Baca selengkapnya Suhu Ekstrem Melanda Arab Saudi

Bagaimana jika pengantin akan duduk bersanding? Jika ini terjadi maka penganten  akan menuju ke pelaminan yang berada di ruang pesta wanita, maka sebelum penganten masuk, semua pengunjung wanita harus mengenakan abaya atau pakaian hitam yang digunakan khusus untuk wanita.

Disaat semuanya sudah siap maka penganten  datang diiringi dengan alunan music yang disesuaikan dengan iringan penganten. Disaat yang tepat seluruh lampu dimatikan, dan kemudian datanglah penganten dengan disorot spot light.
Dengan menggunakan ganun penganten yang serba berwarna cerah, sang penganten wanita tampak sangat cantik luar biasa bak bidadari yang turun dari langit, digandeng oleh penganten pria dengan memakai  jubah atau khaltameje yang dibadu dengan menggunakan  jas. Kemudian mereka duduk bersanding dan berdampingan sembari menikmati minum juice, potong kek dan yang lainnya. Beberapa saat kemudian penganten pria meninggalkan tempat untuk bergabung dengan para tamu di ruang pesta bagi laki-laki.
Acara pesta diisi dengan berbagai hiburan berupa menyanyi joget dan berdansa, di sajikan dengan beragam makanan dan minuman. Acara  pesta ini biasanya berlangsung hingga menjelang subuh… Memang hiburan menyanyi dan berjoiget hanya mendengarkan lewat alat musik yang disediakan, bukan pertunjukan musik seperti life. Kecuali itu musik yang ada hanya berupa musik sederhana seperti rebana dan musik klasik. Baca selengkapnya Musibah Haji Senjata Sebarkan anti Arab

Demikian tentang gambaran adat perkawinan yang diselenggarakan oleh masyarakat Arab. Jika anda senang dengan tulisan kami, mohon dengan sangat anda untuk dapat meninggalkan komentar di kolom yang disediakan.

 

Related posts

5 thoughts on “Adat perkawinan di Arab Saudi

  1. jadi pengen buru buru cari calon ini hahahhahaha..

    1. abufauzan112

      makanya cepet-cepet biar gak kehabisan….. wk wk

  2. Sangat unik ya Mas…
    Kekayaan budaya di dunia, sepertinya tidak ada habisnya… selalu ada saja yang menarik untuk disimak…
    Salam,

    1. abufauzan112

      ya mas…. memang orang arab sangat menarik untuk di perbincangkan…

  3. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuannya. semoga selalu menjadi manfaat bagi semuanya. salam sukses selalu. Amin

Leave a Comment

*