Breakfast Khas Arab Saudi dengan Tamis

images

Breakfast Khas Arab Saudi dengan Tamis >> Arab Saudi memang negara yang sangat menarik perhatian. Dari berbagai sisi tidak bosan untuk diperbincangkan, dari mulai dahulu sejak zaman Nab Ibrahim sampai Baginda Muhammad saw. bahkan akan terus menarik dibicarakan. Dari isu-isu yang besar sampai hal-hal yang kecil, mengasyikan untuk dikupas.

Kali ini saya ingin sharing berkaitan dengan sarapan pagi atau breakfastnya orang arab. Orang arab memang sudah sedikit lebih maju dalam hal makan, makanan untuk sarapan dengan makan siang itu sudah berbeda, tidak seperti kebanyakan di kita, antara sarapan. makan siang dan makan malam sama saja, berbahan dasar nasi.

Breakfast Khas Arab Saudi dengan Tamis, telah menjadi kebiasaan orang Arab bila sarapan atau futur itu banyak jenisnya, muilai dari tamis, protak, atau pun dengan kobus. Kali ini saya ingin membahas tamis.

Tamis, adalah roti yang bulat dan  lebar ini merupakan makanan yang berasal  dari  Afghanistan.  Seiring dengan kehadiran kehadiran para imigran asal Afganistan, makanan ini sangat disukai olah masyarakat timur tengah khususnya Arab Saudi. Karena murah meriahnya makanan ini banyak yang menyukainya, rasanya gurih, harganya cuma 1 real, dimakan bersama dengan olahan kacang adas dengan rasa gurih, yang harganya 1,5 -2 real per wadah, banyak yang menyukainya dengan cabe dan bawang bombay yang berwarna merah, jeruk lemon yang diperas ke dalam adas,

Baca selengkapnya Makanan Khas Bulan Ramadhan

2

Ful terbuat dari kacang merah yang dihaluskan dicampurkan dengan jinten, acar, tomat dan minyak zetun. Tak lupa juga dicampur dengan bawang bombay, cabe hijau, perasan jeruk.

Disamping itu ada juga makanan lain yang biasa digunakan sarapan bagi orang-orang yang bertempat di wilayah Timur Tengah umumnya dan khususnya bagi orang-orang arab yakni :

1. Roti Maryam

فهرس

Roti ini berbentuk mirip seperti roti jala dan roti canai atau kalau di India ada roti Japati, karena adonan membuat roti ini sama yakni tepung terigu, telor dan mentega. Biasanya makan roti maryam ini dicocolkan dengan madu atau dengan di tabur gula, atau kalau mau dimakan dengan kari ayam atau kambing terasa nikmat juga.

2. Shawarma,

Makanan ini sejenis dengan  kek kebab, merupakan sandwich khas dari timur tengah, Makanan shwarma ini berisi  irisan- irisan daging yang ditumpuk dan ditusuk oleh sebatang besi serta dipanggriang tegak kemudian dibungkus dengan khubuz  diolesi dengan bumbu seperti mayonaise serta taburan salad di dalamnya (timun, tomat).

).push({});

3. Sambosa

فهرس

 

Kue berbentuk segi tiga ini yang terbuat dari daging yang dicincang dipadukan dengan bumbu rempah-rempah dan cabai hijau kemudian di bungkus dengan kulit lumpia

4. sandwich, yaitu makanan dari roti yang berbentuk bulat panjang yang diisi dengan  kentang, nugget ayam, saos. mayonaise,

5. Nasi Kebuli

فهرس

 

Nasi kebuli ini terbuat dari beras basmati yang berasal dari India dengan bentuk lonjong panjang. Saat memasak nasi ini dicampur dengan bumbu rempah dan daging kambing ikut dimasukan kedalam nasi. Kecuali itu juga dicampur dengan acar. Acar tersebut terbuat dari mentimun, bawang merah dan tomat.

6. Paratha

Makanan ini berasal dari India yang bentuk dan rasanya persis roti maryam, namun lebih gurih. cara makannya dicampur sama olahan semacam labu jipan, yang diolah pake bumbu masala.

7. falafel

Makanan falafel ini terbuat dari kacang Arab yang digiling dan kemudian dipadatkan dan dibuat bola-bola kecil lalu digoreng menggunakan minyak panas.  Falafel biasanya disajikan di dalam sebuah roti pipih mirip pita yang disebut lafa. Bola-bola falafel biasa ditambahi dengan selada, asinan dan acar sayuran, semacam seledri  serta saus pedas.

Demikian artikel tentang  Breakfast Khas Arab Saudi dengan Tamis dan beberapa jenis masanan kesukaan orang di Arab Saudi.  Baca selengkapnya Tajil Warisan leluhur dan Masakan Kebab khas Arab nan Lezat

Related posts

Leave a Comment

*