Buah Tangan (Oleh-Oleh) Khas Umroh Yang Layak dibeli

download (6)

Buah Tangan (Oleh-Oleh) Khas Umroh Yang Layak dibeli >> Sekarang musim orang yang melaksanakan umroh di Mekkah dan Madinah sudah sangat banyak. Hampir di setiap sudut di kedua kota haramain yakni Mekkah dan Madinah terlihat jemaah umrah yang datang dari berbagai negara. Yang sangat kentara adalah jemaaah umrah dari Turki karena mereka kemana-mana selalu tampak berjamaah. Untuk jamaah dari kita, sangat banyak, namun karena bepergiannya tidak berjamaah dalam jumlah yang banyak tampak seperti sedikit.

Setelah anda melaksanakan rangkaian ibadah umrah maka hendaknya memanfaatkan sebaik-baiknya keberadaan anda untuk banyak melakukan ibadah baik shalat wajib maupun sunah di lakukan di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, karena kedudukan ibadah yang dilakukan di kedua tempat tersebut sangat istimewa. Lakukanlah i’tikaf disertai dengan dzikir dan membaca al-Quran guna menambah keutamaan anda dalam melaksanakan ibadah umrah.

Memang sebaiknya selepas melaksanakan ibadah di kedua kota Haram, Mekkah dan Madinah, biasanya anda juga diajak untuk berziarah atau mengunjungi berbagai tempat yang berhubungan dengan Baginda Nabi Muhammad saw, atau bahkan yang beerhubungan dengan para Nabi dan para Sahabat, seperti ke Jabal Nur, Jabar Tsur, Gua Hira, Jabal Uhud, bahkan juga berziarah ke  Mina dan Arafah.

download (7)

Ketika anda akan pulang, sudah lumrah bagi para jemaah haji untuk berburu oleh-oleh khas arab, sebagai hadiah buat keluarga atau tetangga. Namun untuk membeli buah tangan, hendaknya memilih barang-barang yang memang khas arab saudi, jangan sampai anda membeli barang yang sekiranya di daerah kita juga banyak dijumpai. Adapun barang yang layak anda pertimbangkan untuk di beli adalah :

1.Kurma. Oleh-oleh yang satu ini merupakan oleh-oleh yang wajib di bawa dari Tanah Suci. Membeli buah kurma ini sebaiknya di Pasar Kurma, Madinah. Ada banyak jenis kurma yang dapat anda pilih, Ada kurma hijau, kurma merah, kurma basah, dan kurma Ajwa yakni kurma nabi yang banyak diburu oleh para jamaah.

2.Buah Tin. Oleh-oleh lain yang layak untuk dipertimbangkan di beli adalah buah tin, buah dengan rasanya yang sangat khas, lezat dan sudah dikemas dalam bentuk kering.

).push({});

3.Kacang Arab. Makanan ringan ini sejenis camilan yang terdiri dari dua jenis yaitu Desi dan Kabuli. Adapun bentuk Kacang Desi lebih kecil, kulitnya kasar dan berwarna gelap. Adapun jenis lainnya adalah Kabuli berukuran lebih besar, kulitnya halus dan lebih terang.

4.Kayu siwak. Kayu siwak adalah kayu kecil yang dipergunakan untuk bersiwak atau menggosok gigi. Ada banyak pedagang yang menyediakan kayu siwak. Pilihlah kayu siwak yang masih segar, karena getahnya dapat membunuh kuman dalam mulut.

5.Tasbih dalam berbagai jenis ukuran dan bahan. Anda dapat membeli oleh-oleh tashbih berbahan dasar kayu atau pun batu sesuai dengan selera anda. Disamping itu ada tashbih yang berbahan kayu koka yang sangat khas dan banyak di buru oleh jemaah.

6.Pacar atau pewarna untuk mengecat kuku dan maupun kulit. Kalau di arab biasanya pacar digunakan untuk ritual perkawinan. Ada dua macam jenis pacar, yaitu pacar yang berbentuk bubuk dan ada juga yang henna ( pasta).

7.Minyak Zaitun. Adalah minyak zaitun banyak sekali manfaatnya, bisa digunakan untuk mengobati beragam penyakit, dan dapat juga digunakan sebagai makanan.

8.Air zam-zam. Oleh-oleh yang satu ini sepertinya sangat wajib dio bawa, karena oleh-oleh ini hanya ada di arab saudi sana. Namun untuk oleh-oleh air zam-zam sangat dibatasi hanya boleh sebanyak 5 liter saja.

Baca selengkapnya artikel :

Demikianlah artikel sederhana tentang Buah Tangan (Oleh-Oleh) Khas Umroh Yang Layak dibeli, semoga mambantu anda untuk menjadi pedoman dalam membeli oleh-oleh umroh.

Related posts

One thought on “Buah Tangan (Oleh-Oleh) Khas Umroh Yang Layak dibeli

  1. Satu Lagi Yang Kurang, Coklat Batu ( Coklat Bentuk Batu Krikil )

Leave a Comment

*