Cara Melihat Penyelenggara Umroh berizin

isbatcoverrrdua

Cara Melihat Penyelenggara Umoh berizin >>  Berita mengejutkan dalam penyelengaraan ibadah haji umrah, dimana sebanyak 76 orang  terlantar pada bulan Pebruari 2015,  di Jeddah, walaupun akhirnya secara bertahap dapat dipulangkan ke tanah air, namun bagi para calon jemaah umrah hendaknya waspada dalam memilih travel penyelenggara Ibadah Umrah. Untuk itu sahabat kali ini saya akan memberikan cara melihat penyelenggaraan umrah berizin.

Banyaknya kasus yang berhubungan dengan penyelenggaraan umrah sangat menarik perhatian Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Beliau menyatakan bahwa banyaknya kasus tertahannya kepulangan jamaah umrah harus segera di atasi. Pernyataan ini disampaikan oleh Menag di Jakarta menjawab pertanyaan wartawan terkait dengan banyaknya  kasus penipuan yang berhubungan dengan penyelenggaraan umrah.

Reformasi  Penyelenggaraan Ibadah Umrah

Menyikapi banyaknya kasus penelantaraan jemaah umrah baik sebelum berangkat maupun setelah berangkat memaksa Ditjen PHU untuk segera melakukan  Reformasi Penyelenggaraan Ibadah Umrah, yaitu:

  1. Penegakan Hukum. Ditjen PHU akan melakukan investigasi untuk memberi efek jera kepada travel penyelenggara umrah. yakni dengan memberikan sanksi kepada travel yang melanggar untuk diproses secara hukum
  2. Penandatanganan Pakta Integritas. Ini sanagat penting karena menyangkut aspek visa umrah.
  3. Gerakan 1.000 Stiker Umrah.  Ditjen PHU akan menyebarkan stiker dengan memanfaatkan kendaraan dinas kemenag dari pusat hingga kecamatan yang berisi  pesan tentang Lima Pasti untuk Umrah, yaitu: Pastikan Travelnya Berizin, Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan, Pastikan Program Layanannya, Pastikan Hotelnya, dan Pastikan Visanya.
  4. Pembentukan Panitia Khusus. Langkah reformasi berikutnya yakni membentuk panitia khusus  untuk mendata, menganalisa, menginvenstigasi dan jika dibutuhkan, melakukan penegakan hukum, pada biro travel tanpa memiliki izin.

Beliau mengharapkan agar kasus tidak terulang, masyarakat dihimbau untuk lebih cermat memilih penyelenggara umrah. Menag juga menekankan “Lima Pasti” sebagai jaminan pelayanan dari penyelenggara umrah. lima pasti tersebut adalah :

Pertama : #Pastikan Nama PPIU atau penyelengara Ibadah Umrah, daan pastikan apakah PPIU tersebut  sudah resmi mendapat izin dari Kemenag atau belum***

Kedua : #Pastikan waktu pemberangkatan kapan tanggal, jam, maskapai dan nomor penerbangan***

Ketiga ” #Pastikan harga paket umrah berapa jumlah nominalnya***

Kempat : #Pastikan nama dan alamat hotel selama jemaah berada di tanah suci***

).push({});

Kelima : #Pastikan  visa yg digunakan dalam perjalanan umrah***

Adapun Cara Melihat Penyelenggara Umrah Berizin, anda dapat melakukan dengan cara online, anda dapat mengunjungi situs kemenag yang menampilkan seluruh informasi yang berhubungan dengan kegiatan haji dan umrah.

  1. Siapkan browsing dan ketik www.haji.kemenag.go.id.
  2. Klik Banner yang ada di sebelah kanan “Daftar Penyelenggara Umrah Berizin Resmi”.
  3.  Cari Penyelenggara Umrah Berizin Resmi dengan meng-klik angka 1, 2, 3…. dst, atau ketik pada textbox tersedia dengan huruf KAPITAL.
  4.  Jika tidak ada dalam daftar maka travel tersebut tidak berizin.

download (12)

Tips dan cara untuk memilih travel umrah

Harus dicatat bahwa travel yang resmi dan bonafit pasti memiliki kantor travel. Pastikan bahwa kantor travel yang anda minati hendaknya memiliki kantor dan alamat yang jelas. Akan lebih bagus jika travel yang dimaksud juga memiliki situs atau website yang dapat diakses dari mana saja anda berada. Mintalah keterangan tentang profil perusahaan kepada karyawan atau manager dari travel yang anda kunjungi.

Berikutnya anda patikan bahwa travel yang Anda pilih memiliki izin untuk menyelenggarakan penyelenggraan  umroh dari Departemen Agama Republik Indonesia. Akan sangat lebih baik jika izin tersebut atas nama travel yang bersangkutan.

Jika ada sebuah travel mengaku memiliki izin penyelenggaraan umrah dari Kemenag, anda dapat langsung mengeceknya dengan mengakses situs kemenag RI atau telepon Kementerian Agama RI untuk mengkonfirmasi tentang izin travel yang bersangkutan.

Travel perjalanan umrah ataupun yang sejenisnya lazim memiliki jaringan yang kuat dengan industri pariwisata lainnya seperti agen perjalanan, maskapai penerbangan, hotel ataupun jaringan lainnya. Keanggotaan profeisoal yang relevan seperti  Abacus, Amphuri, ASITA, dan IATA.

Baca selengkapnya

Demikianlah Cara Melihat Penyelenggara Umroh berizin, dan beberapa Tips dan cara untuk memilih travel umrah, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Related posts

4 thoughts on “Cara Melihat Penyelenggara Umroh berizin

  1. Foto di atas menunjukkan bmigaaana seluruh ummat Islam dari berbagai penjuru dunia dan juga madzhab/aliran berkumpul di Masjid Nabawi dan juga Masjidil Haram. Pria dengan sorban dan jubah hitam tersebut berasal dari Iran/Syi’ah berkumpul dengan jemaah lain dari Arab, Pakistan, Indonesia dari berbagai macam aliran entah itu Wahabi, Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, dsb.

  2. Cari Penyelenggara Umrah Berizin Resmi dengan meng-klik angka 1, 2, 3…. Jika tidak ada dalam daftar maka travel tersebut tidak berizin.

  3. Muhajirin Yanis juga menyampaikan bagaimana cara melihat penyelenggara umrah berizin resmi dari Kementerian Agama.

  4. An effective way to make sure this twice day you do will
    be to rinse your-face once when you wakeup and when right before
    going to sleep.

Leave a Comment

*