Fahombo Olah raga yang Unik dan Aneh Suku Nias

images (17)

Fahombo Olah raga yang Unik dan Aneh Suku Nias >> Banyaknya keanekaragaman suku di Indonesia memberikan warna tersendiri. Selain itu sikap budaya yang beragam tersebut merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan, baik yang menyangkut sikap kehidupan bahkan termasuk didalamnya upacara ritual.

Salah satunya adalah Fahombo, Hombo Batu atau dikenal  dalam bahasa Indonesia dengan sebutan “Lompat Batu” adalah olah raga tradisional khas Suku Nias. Olah raga ini  sebelumnya merupakan acara  ritual pendewasaan Suku anak laki-laki.

Dalam perkembangannya fahombo menjadi menjadi sarana untuk unjuk kekuatan fisik yang pada ujungnya digunakan untuk berperang antar suku. Masyarakat nias memiliki  watak yang keras dan mewarisi budaya pejuang perang yang kuat dan berambisi.  

Dari situlah muncul kebiasaan Nias yang kemudian membudaya, sejak itu pula setiap desa membentengi wilayah mereka dengan batu-batu yang tingginya dua meter supaya tidak mudah bagi desa lain untuk menyerang atau mengusik ketentraman penduduknya. 

Pulau Nias dengan wilayah  seluas 5.625 km2 dengan dikelilingi oleh  samudra Hindia dan berpenduduk 700.000 jiwa itu memiliki keeksotisan olah raga tradisional yang unik dan menarik sebegitu memukau untuk disaksikan.


تنزيل (5)

Tidak semua pemuda mampu melakukan olah raga ini, segingga bila seorang pemuda mampu melompati batu akan menjadi kesatria di kampungnya.Apabila terjadinya peperangan antar kampung maka mereka dituntut agar memiliki keahlian melompat dalam rangka menyelematkan diri. Karenaya setiap desa di Teluk Dalam semua dikelilingi dengan pagar batu.

Fakta Unik Lain tentang Suku Nias

1. Bangunan Rumah Tradisional

Suku Nias mempunyai bangunan rumah tradisional yang khas, dirancang sedemikian rupa yang telah berlangsung secara turun temurun, ternyata sangat ramah lingkungan, Rumah suku nias sangat memperhatikan faktor penerangan yang alami dengan meletakan jendela berada di atas atap.

Dengan keberadaan kisi-kisi jendela serta ruang yang diletakan pada bagian atap membuat sirkulasi udara yang segar dapat masuk ke dalam rumah.

55290f106ea834d72f8b4568

).push({});

2.  Bahasa Nias.

Fakta unik lain dari suku nias adalah bahasa nias atau disebut Li Niha, dimana bahasa nias ini pada setiap akhir kata atau kalimat selalu di akhiri dengan huruf vokal atau huruf hidup. Dalam keseharian  Bahasa Nias mengenal enam huruf vokal, yaitu a,i,u,e,o, ditambah dengan huruf ö (baca: “e”nam).

3. Nenek Moyang Sulu Nias

Para peneliti Arkeologi belum menemukan secara jelas siapa dan dimana nenek moyanhg suku nias karena adanya missing link. Namu secara genetika banyak peneliti memprediksi bahwa nenek moyang suku nias berasal dari Taiwan, yang masuk melalui jalur Pilipina sekitar 4000 tahun yang lalu.

Para  Penelitian melakukan riset dengan sampel darah i 440 contoh darah warga di 11 desa di Pulau Nias. Kromosom-Y dan mitokondria-DNA. Disimpilkan bahwa memiliki kemiripan dengan masyarakat Taiwan dan Filipina.

Olah Raga Aneh Suku Zaraniq

Suku zaraniq yang tingga di Yaman, tepatnya di Pantai Barat Yaman mempunyai olah raga yang unik dan aneh  mirip dengan suku Nias, yaitu olah raga meloncat di atas unta.

Tradisi ter-aneh di dunia

Cara yang mereka lakukan adalah dengan lari secepat-cepatnya kemudian melompat di atas unta yang sedang berbaris sebanyak-banyaknya. Pemenangnya ditentukan bagi para peserta yang dapat melompati sebanyak-banyaknya unta.

Olah raga ini sesungguhnya merupakan olah raga yang telah turun temurun, namun karena terlupakan sehingga hampir punah. Untuk menghidupkan kembali olah raga ini, beberapa tahun terakhir ini digalakan untuk meningkatkan kecintaan pemuda pada olah raga lompat unta ini.

Baca selengkapnya

Seperti beberapa waktu yang lalu, olah raga unik ini digelar sebagai agenda tahunan untuk mengakhiri musim panen kurma.

Demikian artikel sederhana tentang Fahombo Olah raga yang Unik dan Aneh Suku Nias, semoga memberikan manfaat bagi anda.

Related posts

3 thoughts on “Fahombo Olah raga yang Unik dan Aneh Suku Nias

  1. Ila

    I do not see many commenters here, it means you
    don’t get many visits. I know how to get laser targeted traffic
    from the largest traffic sources in the internet and make your website go viral.
    If you want to know simply search in google for:
    Juuri13 SEO advice

  2. Google

    Please visit the sites we stick to, such as this a single, because it represents our picks from the web.

  3. fitflop shoes

    very nice publish, i definitely love this web site, keep on it

Leave a Comment

*