Inilah Khasiat Temulawak untuk Kesehatan

تنزيل (14)

Inilah Khasiat Temulawak untuk Kesehatan >>Temulawak atau dalam bahasa latinya dikenal dengan Curcuma xanthorrhiza roxb, tergolong dalam jenis tanaman jahe-jahean. Tanaman ini tumbuh sangat subur di pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan. Tanaman ini mudah untuk dibudidayakan dengan cara yang sangat sederhana, bahkan tanaman ini banyak tumbuh liar di tanah-tanah yang gembur atau basah. Namun siapa sangka ternyata temu lawak mengandung zat yang sangat diburtuhkan untuk tubuh kita ? Kali ini saya akan berbagi informasi tentang Inilah Khasiat Temulawak untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Tanaman temulawak di Beberapa daerah sangat beragam namanya, di Daerah Madura tanaman ini dikenal dengan sebutan temu labak, sedangkan di wilayah Jawa Barat atau di kalangan masyarakat Sunda, dikenal dengan nama temu koneng. Temu lawak ini memiliki bau khas dengan warna kuning gelap atau coklat muda, biasanya umbi akarnya berdiameter panjang antara 15 cm dan 6 cm.

Kandungan dalam Temulawak

Berdasarkan hasil penelitian, temulawak ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % zat kurkumin, dan 1,48-1,63 % mengandung minyak asiri. Khasiat temulawak dengan komposisi inilah ternyata dipercaya bisa meningkatkan fungsi ginjal serta anti inflamasi. Khasiat lainnya dari tanaman ini adalah dapat dipakai sebagai obat jerawat, meningkatkan nafsu makan, anti-inflamasi, anti-oksidan, antikolesterol, anemia, pencegah kanker, dan sebagai anti-mikroba.

Temu lawak banyak mengandung sanyawa kimia yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adalah turmerol dan fellandrea yang terkenal dengan minyak menguap. Begitu juga  dalam rimpang temulawak juga banyak  mengandung minyak atsiri. Seperti banyak diketahui bahwa minyak atsiri ini dapat digunakan sebagai penekan pembengkakan jaringan, dan meningkatkan produksi getah empedu. Kecuali itu temulawak banyak mengandung kurkuminoid (desmetoksikurkumin dan kurkumin).

Kurkumin dapat digunakan sebagai acnevulgaris, sebagai anti radang dan anti hipototoksik. Desmetoksikurkumin dan kurkumin memiliki banyak manfaat seperti menetralkan racun, menurunkan kolesterol, meningkatkan sekresi empedu dan masih banyak lagi.

تنزيل (4)

Berikut ini adalah Manfaat Temulawak untuk Sembuhkan Penyakit, yakni :

1. Obat sakit Ginjal

Temulawak dapat digunakan sebagai obat sakit ginjal yakni dengan cara sediakan 2 rimpang temulawak, kemudian diiris-iris tipis lalu direbus dengan ditambah segenggam daun kacabeling dan daun kumis kucing. Lalu disaring untuk dimimun, lakukanlah selama 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut.

).push({});

2. Obat penyakit Asma

Temulalak dapat anda gunakan sebagai obat penyakit asma, yakni dengan cara  menyiapkan satu setengah rimpang temulawak dan satu potong gula aren. Kemudian Temu lawak diris tipis dan  dikeringkan. Kemudian temulawak yang sudah kering itu  direbus dengan campuran  5 gelas air dicampur dengan sepootong  gula aren , hingga mendidih dan sisakan  3 gelas, lalu disaring dan dimunum.

3. Obat penyakit Limfa

Manfaat Temulawak untuk Sembuhkan Penyakit berikutnya adalah Untuk membuat temulawak menjadi obat penyakit limfa yakni dengan Cara menyiapkan 2 rimpang temu lawak dan  ½ rimpang laos; 1 genggam daun meniran. Parutlah  temu lawak dan lengkuas  yang sudah dibersihkan, kemudian semua bahan di rebus dengan 1 liter air hingga mendidih. Kemudian  disaring dan diminum.

4. Menambah nafsu makan

Temulawak dapat digunakan untuk menambah nafsu makan yakni dengan Cara menyiapkan 2 rimpang temu lawak, dan segenggam daun meniran. Rebuslah semua bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air hingga mendidih, kemudian saring dan dinginkan, lalu anda dapat meminumnya 2 kali sehari.

5. Obat sakit Maag

Manfaat Temulawak untuk Sembuhkan Penyakit yang terakhir adalah Temulawak dapat diguanakan sebagai obat sakit maag. Caranya yakni dengan menyediakan 1 rimpang temulawak. Temulawak diiris-iris lalu  diangin-anginkan sebentar. Kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Kemudian saringlah dan minumlah sebanyak 1 gelas setiap hari.

Baca selengkapnya :

Demikian uraian tentang Khasiat Temulawak untuk Kesehatan. Sekiranya ada manfaat atas uraian ini, dengan sangat anda dimohon untuk meninggalkan komentar, terima kasih.

Related posts

Leave a Comment

*