Inilah Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Arab di Mekkah, Madinah dan Jeddah

oleh-kurma

Inilah Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Arab di Mekkah, Madinah dan Jeddah >> Adalah sudah menjadi kebiasaan bagi para jemaah yang menjalankan ibadah haji dan umroh untuk berbelanja oleh-oleh khas arab sebagai buah tangan oleh-oleh untuk keluarga dan sanak famili. Rasanya tidak akan nyaman jika pulang dari menjalankan ibadah haji dan umrah tanpa membawa oleh-oleh khas Arab. Memang kegiatan belanja bukan menjadi maksud, namun terkadang kegiatan shopping ini seperti sebuah keharusan, terlebih menjelang kepulangan ke Tanah Air.

Bagi para jemaah hendaknya diingat bahwa maksud dari keberangkatannya ke Tanah Suci adalah untuk menunaikan ibadah Haji dan Umrah. Adapun di luar kegiatan tersebut adalah bersifat seperti belanja, atau pun kegiatan wisata religie itu hanyalah pelengkap saja yang tidak bersifat wajib. Oleh karenanya bagi para jemaah selama menjalankan rukun dan wajib haji maka hendaknya berfokus untuk meningkatkan kwalitas pelaksanaan ibadah tersebut. Baru setelah semua rangkaian ibadah selesai, anda bisa mulai memikirkan berbelanja oleh-oleh khas Arab.

 

oleh-kurma

 

Bagi semua orang sudah menjadi watak sebagai pembeli, ingin membeli barang secara murah, dengan kualitas barang yang baik dan memuaskan.  Berikut ini ada beberapa tempat untuk berbelanja yang tergolong murah.

1.Supermarket bin Dawood

Pusat perbelanjaan bin Dawud banyak tersebar di pusat-pusat kota di Mekah, Madinah dan Jedah. Khusus supermarket bin dawud ada di wilayah Ajyad, depan Masjidil Haram tepat Bab Malik Fahad, Aziziyah, Misfalah, daerah syuhada.   Berbagai barang dan kebutuhan dijual termasuk kebutuhan sehari-hari  dengan harga yang bersaing.

Biasanya Supermarket bin Dawud ini ada discont bagi pembelian dalam jumlah besar, jika anda membeli di luaran harganya akan lebih mahal antara 10 %.

2. Pertokoan Daerah Taisyir

Perlu diketahui bahwa pusat perbelanjaan yang dikenal dengan pasar seng, sekarang sudah tidak ada, tempatnya digunakan untuk perluasan masjidil Haram. Sebagai gantinya para pedagang bergeser ke wilayah Taisyir. Ada banyak pusat perbelanjaan yang sangat murah meriah, mulai dari gamis, sajadah, topi, dan lain-lain. Bergeser dekat terminal Saptco, ada pasar Jarwal yang menyediakan buah kurma, dan jenis-jenis oleh2 makanan lainnya  dengan sangat murah.

).push({});

3. Wilayah pertokoan di Sepanjang jalan Ibrahim Kholil

Jika anda secara kebetulan tempat pemondokan berada di wilayah Mispalah, maka anda tak perlu repot-repot membeli oleh-oleh dari daerah lainnya. Karena disepanjang jalan Ibrahim kholil berjejer pertokoan pusat perbelanjaan yang sangat murah. Seperti di wilayah Taisyir, pertokoan di Jalan Ibrahim kholil menyediakan berbagai oleh-oleh khas Arab dengan murah. Anda dapat menawarnya dengan harga serendah-rendahnya.

4. Pasar Kurma Madinah

Pasar Kurma di Madinah sangat terkenal dengan banyaknya penjualan kurma dengan berbagai jenis. Disinilah tempatnya bagi anda yang akan berbelanja kurma dengan beragam variasi mulai dari 20 SR sampai 100 SR. Di Pasar ini juga disediakan beragam makanan khas arab dengan bahan dasar kurma. Pasar Kurma Madinah letaknya tidak jauh dari Masjid Nabawi hanya sekitar 60 meter di sebelah selatan Masjid Nabawi.

5. Pasar Bab Makkah

Pasar ini namanya Bab Mekkah, namun lokasinya berada di Jeddah. Nama Bab Mekkah ini karena biasanya orang-orang yang hendak ke Mekkah selalu mencari Taksi di wilayah ini. Tempat ini terkenal sebagai tempat “ngetem” taksi yang akan pergi dan pulang dari Jeddah – Mekkah. Di Kawasan ini terdapat  Pasar tradisional yang  merupakan lokasi favorit untuk memborong oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Biasanya para jemaah Haji dan Umrah sebelum pulang, banyak yang berbelanja di daerah ini karena terkenal dengan kemurahannya. Jika anda akan pergi ke Bab Mekkah anda dapat naik taksi dari Mekkah dengan tarif 10 SR.

6. Balad Jeddah

Pusat perbelanjaan Balad Jedah adalah merupakan kawasan perbelanjaan yang menjadi favorit, sehingga jangan heran kawasan Balad setiap hari selalu berjubal orang yang hilir mudik untuk berbelanja. Jika malam hari, akan dipadati oleh pengunjung yang melimpah ruah. JIka musim haji tiba maka pusat perbelanjaan ini akan sangat ramai dengan banyaknya pengunjung dari berbagai negara sebagai jemaah haji. Wilayah ini juga dikenal dengan sebutan  Corniche, yang berarti pusat kota.

Ada banyak barang-barang yang dijual di kawasan ini seperti. Karpet, abaya, aneka merk minyak wangi dengan kemasan unik, tasbih, sajadah, jam tangan, aneka produk kulit, kerudung, pasmina, hingga celak mata dan hena.

Di Kawasan Belanja Balad, harga jual barang  sangat bervariasi sesuai dengan kualitasnya dan bisa ditawar. Jangan kaget sebagian pedagang  bisa berbahasa Indonesia walaupun hanya beberapa kalimat yang berhubungan dengan tawar menawar harga.

Demikianlah artikel sederhana tentang Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Arab di Mekkah, Madinah dan Jeddah, semoga memberi manfaat bagi anda, dan semoga menjadi haji yang mabrur.

Related posts

Leave a Comment

*