Jumlah Jamaah Masjidil Haram selama 10 Hari sebanyak 8 Juta

file-29-6_5
Jumlah Jamaah Masjidil Haram selama 10 Hari sebanyak 8 Juta >> Bulan Ramadhan merupakan bulan meningkatkan pendekatannya kepada Allah swt. Di Siang hari dengan melaksanakan puasa, yakni menahan untuk tidak makan, minum dan yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Pada malam hari, disunahkan melaksanakan shalat taraweh, baik di  Masjid maupun di musholla.
Memahami pentingnya hal tersebut, banyak kaum muslimin yang berusaha untuk melaksanakan ibadah ke Masjidil Haram. Apalagi jika dikaitkan dengan keutamaan  melaksakan ibadah di Masjidil Haram yang dikalikan dengan 100 ribu derajat.
Seperti diberitahan dalam sebuah situs Arabnews.com bahwa delapan juta orang mengunjungi Masjidil Haram di 10 hari pertama Ramadan,  kenaikan 49 persen dari tahun lalu, haji dan umrah Direktorat mengatakan baru-baru.
Salah Saqr, direktur direktorat, mengatakan rencana transport
asi telah disetujui dan diawasi oleh Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang juga penasihat Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman.

Saqr mengatakan 38.000 kendaraan telah diangkut pengunjung selama periode yang sama, yang 25 persen lebih dari tahun lalu. Delapan stasiun telah diatur untuk pejalan kaki dan penumpang, yang memfasilitasi proses transportasi. 
Baca selengkapnya Keutamaan Malam lailatul Qodar
index
Dia mengatakan 4,7 juta penumpang diangkut melalui Ajyad. Tentang 8632 melalui Bab Ali, 2.208 melalui Jabal Al-Ka’bah, 4874 melalui Raja Abdul Aziz Gate, 2.169 melalui Jaroul, 7993 melalui Ajyad Al-Sad, 1,12 juta melalui Shuaab Aamir dan 148.410 melalui Riya Bakhsh.
Tajil di Masjidil Haram
Seluruh tempat di Masjidil Haram, baik di dalam maupun di luar dipenuhi  lebih dari 12 ribu meter taplak meja dibentangkan setiap hari di areal Masjid tersebut untuk mereka yang ingin berbuka puasa saat Maghrib tiba, demikian laporan wartawan organisasi Kantor Berita Islam Internasional (IINA).
Orang-orang yang bertugas menyediakan makanan berbuka di Masjidil Haram mengatakan biaya setiap hari mencapai sekitar setengah juta riyal Arab Saudi (sekitar Rp1,22 miliar). Waktu untuk berbuka puasa tak lebih dari 15 menit, mulai dari petugas menggelar taplak sampai pembersihan sisa makanan.Daerah tempat orang berbuka puasa dibersihkan secepat mungkin agar tersedia ruang untuk melaksanakan Shalat Maghrib.
Makanan tersebut disediakan oleh dermawan dan disajikan dengan bantuan petugas kebersihan.Pemimpin Urusan Dua Tempat Suci Umat Muslim membagi lapangan di sekitar Masjidil Haram menjadi beberapa bagian dan menyiapkan tempat itu buat dermawan yang ingin menyediakan makanan berbuka buat orang-orang yang mengerjakan Puasa Ramadhan. Santapan berbuka yang diberikan oleh para dermawan tersebut terdiri atas kurma, jus, susu dan kue, tulis IINA.
Kurma dan Air Zam Zam dibagikan lebih dulu sebelum saat berbuka.
Jumlah kurma yang dikonsumsi setiap hari oleh orang yang berbuka puasa di Masjidil Haram diperkirakan berjumlah lebih dari lima juta buah, tulis IINA. Dengan sebanyak 1,2 juta orang Muslim yang mengerjakan shalat di Masjidil Haram, jumlah itu berarti sama dengan tiga kurma untuk setiap orang.Sementara itu, kata IINA, lebih dari dua juta botol Air Zam Zam dikonsumsi oleh Muslim saat berbuka puasa.Makanan berbuka puasa di dalam Masjidil Haram berbeda dengan yang disajikan di lapangan di luar masjid.Orang tak diperkenankan membawa makanan selain kurma dan kopi ke dalam Masjidil Haram untuk memelihara kebersihan di daerah salah satu Masjid Suci Umat Muslim tersebut. Baca selengkapnya 5 Tips Kerja di Bulan Ramadhan
Setelah semua siap, maka setiap kali ada orang yang lewat selalu saja diseru untuk duduk di tempat yang telah disediakan dengan menghadapi berbagai macam jenis makanan. Duduk bersila dengan berhadap-hadapan menyambut datangnya waktu maghrib untuk berbuka puasa. Pemandangan seperti ini banyak ditemukan di setiap penjuru Masjidil Haram.Kumpulan semacam ini bukan saja diikuti oleh para mukimin Mekah al mukaromah, namun juga diikuti oleh jemaah dari berbagai negara. Mereka duduk sambil berdoa untuk menunggu saat-saat berbuka puasa.
Suasana seperti itu akan anda temukan sepanjang bulan Ramadhan. Suasana berbuka yang sangat hangat, penuh ukhuwah tak tersekat oleh harta dan pangkat, semua duduk tawadhu mengharapkan ridlo Allah. Baca selengkapnya 9 Tips Umrah di Bulan Ramadhan dan Puasa sebagai Sarana Mendidik Mental

Related posts

2 thoughts on “Jumlah Jamaah Masjidil Haram selama 10 Hari sebanyak 8 Juta

  1. I found http://abdurohmanafandi.com at 21 place
    in google’s search results. You should change your SEO strategy.
    Have you tried links pyramid? It is very effective method to rank websites
    after latest panda update but i prefer to outsorce this time
    consuming task. If you want to rank high
    search in google for:
    Burol’s Tips Outsource The Work

  2. Very nice article, totally what I was looking for.

Leave a Comment

*