Keutamaan Bulan Romadhan

images (38)

Keutamaan Bulan Romadhan >> Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, maka hendaknya kita mempersiapkan diri baik secara mental maupun secara pisik guna melaksanakan puasa bulan romadhan. Salah satu yang harus kita persiapkan adalah menelaah kembali tentang keutamaan bulan ramadhan, agar kita betul-betul memanfaatkan kesempatan yang sangat istimewa ini untuk beramal sabanyak-banyaknya.

Berikut ini adalah keutamaan bulan ramadhan yang wajib kita tahu, bahwa dinyatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Dari Salman ra. ia berkata. “Pada akhir bulan sya’ban, Rosulullah saw. berkhutbah kepada kami, Sabdanya, “Wahai manusia telah dekat kepada mu bulan yang agung lagi penuh berkah. Bulan yang di dalamnya terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Bulan yang di dalamnya Allah menjadikan puasa sebagai fardlu dan bangun malam sebagai sunnat.”images (46)

  • Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an

Allah swt telah menurunkan al-Qur’an pada bulan Ramadhan, oleh karenanya layak bulan ramadhan sangat istimewa. Allah berfirman

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

Dalam tafsirnya Ibnu Katsir menyatakan bahwa Allah swt telah memuji bulan Ramadhan dibanding bulan lainnya karena di dalamnya diturunkannya Al-Quran. Disamping itu, pada bulan ramadhan ini pun diturunkan kitab-kitab lainnya  kepada para Nabi.

  • Beramal pada Bulan Ramadhan dilipargandakan

Beliau melanjutkan ” Barang siapa yang mendekatkan diri di dalamnya dengan amalan sunah, maka pahalanya seperti orang beramal fardlu di bulan lain. Dan barang siapa yang beramal fardlu di dalamnya, maka pahalanya seperti orang yang beramal tujuh puluh amalan fardlu di bulan lainnya. Inilah bulan kesabaran, dan pahala sabar adalah surga. Inilah bulan kasih sayang bulan saat rizki orang beriman ditambah.”

“Barang siapa memberi makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka itu menjadi ampunan bagi dosa-dosanya, dan memperoleh pahala yang sama tanpa mengurangi pahala orang itu sedikitpun.”   ….. (Ibnu Khuzaimah, Baihaqi, Ibnu Hibban)

Amalan sunah yang dilaksanakan pada bulan Ramadan mendapatkan pahala amalan wajib pada bulan lainnya, sementara amalan fardlu yang dilaksanakan pada bulan ramadan, akan diberi pahala tujuh puluh kali lipat amalan fardlu di bulan lain.

 

  • Setan-setan dibelenggu, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup.

Rasululah bersabda :

).push({});

 

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.”

Menurut Al Qodhi ‘Iyadh  bahwa hadits ini menunjukan bahwa sebagai tanda masuknya bulan Ramadhan dan mulianya bulan tersebut.” Lebih lanjut Al Qodhi ‘Iyadh menyatakan bahwa terbukanya pintu surga karena Allah sangat memberikan kemudahan dalam berbagai ketaatan pada hamba-Nya di bulan Ramadhan seperti puasa dan shalat malam, hal ini sangat berbeda dengan bulan lainnya. Disamping itu pada bulan ramadhan orang akan disibukan dengan amalan kebaikan dibanding dengan kemaksiatan sehingga mereka dapat memasuki surga.

  • Pada bulan Ramadhan terdapat Malam Lailatul Qodar yang kedudukannya lebih baik dari pada 1000 bulan.

Allah Berfirman :

” Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr ayat 1-3).

Dalam ayat yang lain :

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

”Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3).

Demikianlah artikel sederhana tentang Keutamaan Bulan Romadhan, semoga memberi manfaat untuk dapat meningkatkan amalan pada bulan ramadhan.

 

Related posts

2 thoughts on “Keutamaan Bulan Romadhan

  1. Until I found this I thhugot I’d have to spend the day inside.

  2. Hello, I wish for to subscribe for this web
    site to obtain latest updates, thus where can i do it please help.

Leave a Comment

*