Keutamaan Makan Sahur

images (3)

Keutamaan Makan Sahur >> Makan sahur adalah salah satu amalan yang disunnahkan oleh Islam untuk dilaksanakan bagi orang-orang yang mengerjakan ibadah puasa. Banyak diantara kita yang terkadang menganggap remeh urusan sahur ini, padahal baginda Nabi selalu makan sahur jika akan melaksanakan puasa Ramadhan, dan beliau saw. pun menganjurkan kepada para sahabatnya untuk memakan sahur karena ternyata banyak keutamaan makan sahur yang tidak kita pahami. Kali ini saya akan berbagi tentang keutamaan makan sahur yang harus diketahui terutama saat-saat melaksanakan ibadah puasa.

Dikatakan bahwa dalam makan sahur banyak sekali mengandung  keberkanan, karena dengan makan sahur akan mendatangkan kekuatan, semangat beribadah dan meringankan beratnya saat puasa. Disamping hal itu, sahur juga sangat dianjurkan oleh baginda Nabi Muhammad saw,  sebagai sesuatu yang membedakan dengan puasanya para ahli kitab, menambah kekuatan, menolak pengaruh buruk dari rasa lapar yang berlebihan dan sebagai sarana untuk bersedekah dengan mengundang untuk makan sahur bersama dan yang lebih utama lagi adalah dengan bangun di waktu sahur, maka ia akan digunakan untuk bermunajat, berdzikir dan membaca al-Quran.

download (27)

Keutamaan Sahur

Betapa besar nikmat dan karunia Allah kepada kita. sehingga dengan berkah bulan Ramadan, makanan yang dimakan sebelum fajar atau yang kita kenal sahur dapat mendatangkan pahala dan rahmat.

Para Ulama sepakat bahwa sahur adalah sunah yang dianjurkan hendaknya dikerjakan atau mustahab.

Menurut Imam Zamaksyari pengarang kitab Al-Kasysyaf bahwa malam hari dibagi menjadi 6 bagian, dan seperenam terakhir adalah waktu yang paling utama untuk makan sahur.

 

Ibnu Hajar menjelaskan tentang keberkahan makan sahur diantaranya adalah :

1. Dengan makan sahur maka  berarti menjalankan sunnah Rosulullah saw, dan membedakan diri dengan ahli kitab dalam hal berpuasa. sedangkan kita diperintahkan agar berbeda dengan mereka dalam segala hal. Rasulullah saw bersabda :

“Umatku akan tetap berada pada sunnahku selama mereka tidak menunda untuk berbuka puasa sampai terbitnya bintang.” (HR Ibn Hibban).

Dalam hadis yang lain yang diriwayatkan Dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda,

“Agama ini akan tetap murni selama umat mau menyegerakan berbuka puasa karena orang-orang Yahudi dan Nasrani terbiasa mengakhirkannya.”

2. Dengan bersahur maka akan mendatangkan keberkahan. Rasulullah saw. bersabda

).push({});

“Bersahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur itu ada berkah.” (HR Bukhari).

3. Dengan Bersahur maka akan mendatangkan kebaikan.

Hadits dari  Sahal ibn Sa’ad bahwa Nabi saw bersabda ,“Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR Bukhari).

4. Allah dan para malaikat-Nya  akan bershalawat kepada orang-orang yang menjalankan ibadah sahur.

Nabi Saw bersabda. :

“Sahur itu adalah makanan yang penuh berkah. Oleh karena itu, janganlah kalian meninggalkannya meskipun hanya meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur.” (HR Ahmad).

5. Sahur membantu menghilangkan kemarahan da tabiat buruk yang biasa muncul dikarenakan lapar.

Sudah menjadi kebiasaan bahwa ketika seseorang dalam keadaan lapar maka akan muncul sifat buruk yang diakibatkan karena rasa lapar tersebut, maka dengan makan sahur memungkinkan seseorang untuk lapar yang berlebihan dapat dikurangi, sehingga tidak akan muncul sifat buruk karena lapar.

6. Dengan bersahur akan mendatangkan kekuatan.

Rosulullah saw. bersabda “makanlah sahur agar engkau kuat berpuasa, dan tidurlah di siang hari untuk membantumu bangun {beribadah) pada akhir malam”

7. Dengan bersahur maka mengikuti amalan para nabi.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw  bersabda. yang artinya :

“Tiga hal yang termasuk akhlak para Rasul, yaitu menyegerakan berbuka puasa, mengakhirkan sahur, dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri pada waktu salat.” (HR Thabrani).

Demikianlah artikel tentang Keutamaan Makan Sahur, semoga memberikan manfaat bagi kita dalam menjalani ibadah puasa ramadhan. Wallahualamu bishowab.

Related posts

One thought on “Keutamaan Makan Sahur

  1. Your article was exnellect and erudite.

Leave a Comment

*