Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

images (15)

Manfaat Bekam bagi Kesehatan Tubuh >>  Cara pengobatan dengan berbekam adalah cara pengobatan alternatif  dengan mengeluarkan darah kotor dari tubuh. Cara pengobatan berbekam ini, sekarang sangat poluler dikalangan masyarakat kita, walaupun bagi sebagian kecil dari masyarakat kita belum mengatahui tentang bekam, mungkin karena tidak adanya akses untuk mendapatkan informasi sistem pengobatan yang satu ini. Untuk itu kali ini saya ingin berbagi tentang manfaat bekam bagi kesehatan tubuh manusia.

Menurut wikipedia bekam itu merupakan sistem pengobatan dengan cara mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari tubuh manusia. Mendengar istilah mengeluarkan darah seakan sangat seram dan menakutkan. Bekam dilakukan dengan penvakuman di kulit dan mengeluarkan darah darinya, dengan pengertian mencakup prosen panyakuman dan dilanjutkan dengan pengeluaran daran dari kulit yang divakum tersebut. Pengobatan dengan bekam ini merupakan sunnah  rosulullah saw. beliau bersabda : “Sesungguhnya cara pengobatan paling ideal yang kalian pergunakan adalah hijamah (bekam)”. ( HR Bukhari)

 

فهرس

 

Manfaat bekam Meningkatkan Kesehatan

Sebagian besar orang tua atau generasi moyang, mengenal pengobatan yang disebut dengan  catuk, yakni dengan cara mengeluarkan darah kotor dengan menggunakan tanduk hewan. Saya menduga bahwa pengobatan dengan cara catuk merupakan cara pengobatan yang berkembang dari sistem pengobatan bekam. Kedua pengobatan tersebut mempunyai sistem yang sama yakni memperlancar peredaran darah.

Khusus untuk pengobatan bekam terdapat dua cara atau sistem yaitu bekam basah dan  yang kedua bekam kering.  bekam basah dilakukan dengan  menggunakan jarum atau alat tajam lainnya untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh. Sedangkan bekam kering yakni dengan cara menvakum kulit untuk mengumpulkan darah yang kotor hingga tampak merah kehitam-hitaman, kemudian secara otomatis akan menetralisir kembali, dengan mengeluarkan toksin baik angin ataupun zat lainnya.

Pengalaman pengobatan bekan saya berawal ketika saya mengikuti kegiatan khuruj fi sabilillah, yakni kegiatan yang bertujuan untuk mengislahkan diri dengan cara berhijrah meninggalkan sementara kegiatan duniawi, dan fokus untuk ishlah diri dengan cara beritikaf di Masjid selama 3 hari 3 malam, untuk membicarakan pentingnya iman, pentingnya menghidupkan sunah, dan pentingnya agama dalam hidup dan kehidupan.

Salah satu sunah nabi yang telah dilupakan oleh kalangan umat adalah bekam, yakni cara pengobatan nabi Muhammad saw. Pada mulanya saya sendiri melihat orang berbekam sangatlah ngeri, karena banyak darah yang notabene darah kotor dikeluarkan. Tapi pada akhirnya saya mencoba dengan kenekadan diri, eh… ternyata tidak seperti yang dibayangkan, tidak sakit.

Setelah saya dibekam pertama kali, badan saya terasa lebih enak. Lebih dari sekedar di kerok yang terkadang menjadikan hilangnya masuk angin. Akhirnya saya pun merencanakan berbekam selama 4 atau 5 kali berturut-turut dalam jangka waktu selama 2 bulan.

Singkat cerita berbekam yang sampai 4 kali, dan setelah itu saya tidak berbekam lagi untuk jangka waktu yang sangat lama yakni kurang lebih 2 tahun. Sungguh ini adalah sebuah kenyataan yang sangat menakjubkan, karena selama 2 tahun kesehatan badan saya sangat prima, tidak pernah masuk angin, apalagi mual, penyakit sakit pinggang saya pun hilang, dan yang sangat ajaib kekuatan fitalitas meningkat hampir 200 %.

Menurut teori bahwa sebaiknya melakukan bekam setelah itu minimal 1 kali dalam 4 bulan, untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga tidak terserang berbagai penyakit seperti diabet, darah tinggi, sakit pinggang, minggran. Namun kini sudah hampir 10 tahun tidak pernah lagi berbekam, namun secara umum alhamdulillah masih sehat walafiat. Saya sekarang sedang cuti dan insya Allah dalam minggu ini saya akan kembali berbekam barang 1 atau 2 kali selama cuti berlangsung.

Manfaat Bekam Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Seluruh penyakit dapat disembuhkan dengan cara berbekam, seperti  penyakit kulit, gangguan syaraf, vertigo, depresi, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kolesterol, darah tinggi, darah rendah, rematik, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya pantas banyak yang memilih terapi bekam dibanding ke dokter specialis, dengan pertimbangan biaya yang murah.

).push({});

Bagi para penderita penyakit yang ringan seperti sakit pinggang/rematik, sakit kepala, semutan ataupun yang lainnya, dapat dillakukan dengan hanya beberapa kali berbekam, namun bagi penyakit yang berat, maka harus dilakukan secara kontinue sampai sembuh, walaupun tentunya masing-masing penyakit berbeda-beda.

Ada dua jenis terapi bekam yaitu bekam basah dan bekam kering. Bekam kering dilakukan untuk orang yang takut suntikan dan darah dengan cara membekam kulit sampai tampak merah kehitam-hitaman, sampai tiga hari, menghisap kulit, lalu memijat-mijat daerah sekitarnya. Sedangkan bekam basah dilakukan setelah bekam kering. Terapi bekam basah menggunakan jarum tajam untuk mengeluarkan darah kotor dari tubuh dengan acara dibekam, agar manfaat bekam bagi kesehatan tubuh dirasakan.

Secara garis besar ada 12 titik terdapat di wilayah  leher, di kepala, di pinggang, kaki, dan dada.Seluruh  penyakit  dapat disembuhkan dengan  terapi bekam ini seperti vertigo, depresi, gangguan syaraf, stroke, penyakit jantung, gagal ginjal, kolesterol, darah tinggi.

1. Titik Bekan Wilayah Kepala

Melakukan pembekaman di wilayah kepala yakni di atas kepala. Caranya yakni hendaknya dilakukan pencukuran di kepala bagian atas, atau dapat juga dilakukan pencukuran untuk seluruh kepala, namun pembekaman hendaknya dilakukan di bagian atas.

Akan sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti :

  • migrain,
  • stroke,
  • vertigo,
  • hipertensi,
  • mengobati jerawat,
  • Parkinson,
  • sakit gigi,
  • masalah pada pendengaran,
  • penglihatan, penciuman, dan memperpanjang daya ingat.

2. Titik bekam daerah punggung

Daerah yang sering banyak dijadikan titik bekam adalaha wilayah punggung. Hampir seluruh penyakit yang disebabkan karena darah dapat diterapi lewat bekam punggung, seperti diabet, darah tinggi, darah rendah, keluhan sahwat, boyok, sakit punggung, sakit tulang, rematik, dsb.

Kecuali memang sangat mudah melakukan pembekaman di daerah punggung, daerah ini merupakan banyak lalu lintas darah sebelum masuk ke jantung dan paru-paru. Pembekaman di wilayah ini akan sangat efektif sehingga memudahkan untuk secepatnya menyembuhkan berbagai penyakit.

Ketika hendak di bekam, pasen cukup dengan posisi jongkok, duduk atau berbaring, maka akan sangat mudah melakukan pembekaman.

3. Titik bekam wilayah wajah

Pembekaman di wilayah  wajah antara lain dapat mengatasi masalah jerawat dan kulit wajah yang kusam. Dengan membuang darah kotor maka , kulit wajah akan semakin bersih dan bersinar, sehingga tidak akan timbul jerawat. Caranya pembekaman di daerah ini harus dilakukan dengan sanat hati-hati mengingat tidak semua tempat dapat dilakukan pembekaman. Gunakan cuping yang berukuran kecil, sehingga tidak akan menyulitkan pembekaman.

Baca selengkapnya

Itulah manfataat bekam bagi kesehatan, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita untuk kesehatan. Akan sangat bermanfaat ilmu anda jika sekiranya anda dapat memberikan pertanyaan atau komentar. Thanks…

 

Related posts

One thought on “Manfaat Bekam Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Thanks very interesting blog!

Leave a Comment

*