Manfaat dan Tujuan Membuat Blog

images (19)

Manfaat  dan Tujuan Membuat Blog >>   Suatu kali saya menyampaikan tentang blog kepada teman saya, sepontan teman saya bilang bahwa apapun kegiatan di zaman susah ini harus berorientasi komersial, kalau tidak dapat mendatangkan uang, dia bilang ma fii faedah, katanya. Kebetulan teman saya ini seorang supir yang kerja di Saudi Arabia sana, ma fii faaedah artinya tidak ada manfaatnya, tidak berfaedah, alias sia-sia. Untuk itu, saya kali ini ingin berbagi tentang manfaat dan tujuan membuat blog, agar dapat membuat jawaban bagi mereka yang masih ragu dengan manfaat dan tujuan membuat blog.

Ada banyak sekali manfaat seseorang mempunyai blog atau website, namun sebelumnya mesti mengatahui apa yang dinamakan blog atau website. Blog atau website adalah sarana untuk menyampaikan informasi kepada msyarakat, secara fungsi tidak berbeda dengan  radio, TV, majalah atau pun koran. Yang berbeda hanya terletak pada medianya saja radio dan TV menampilkan informasi melalui siaran udara, Majalah atau pun koran menyampaikan informsi dalam bentuk lembaran cetak. Sedangkan website menampilkan informasi melalui internet.

Saat ini merupakan era informasi yang sangat canggih, dimana informasi hanya dalam itungan detik dapat diakses oleh seluruh penggua layanan di seluruh dunia. Oleh karena itu, memiliki blog atau website merupakan tuntutan untuk menyampaikan ide dan kreatifitas dalam dunia informasi.

images (7)

Oke tidak akan bertele-tele, manfaat dari mempunyai blog atau website adalah :

1. Sarana Menyampaikan informasi.

Informasi sekarang sudah jadi kebutuhan pokok masyarakat, baik di kampung atau pun di kota sama hausnya terhadap  informasi. Kalau anda termasuk orang yang suka meliput atau melihat informasi dan ingin menyampaikan ke pada masyarakat, milikilah blog atau website.

Sekarang untuk menjadi juru penyampai informasi anda tidak harus menjadi Jupen (Pegawai Negeri Dep. Penerangan), atau jadi pejabat yang punya kewenangan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Hari ini kita yang bukan siapa-siapa dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat, karena itu milikilah website alias blog.

2. Sarana mengembangkan Bakat Menulis

Memiliki blog secara otomatis anda harus merawatnya setiap hari, caranya ya dengan mengisi  konten siap saji bagi pengunjung blog kita, jika tidak ada sajian informasi anda akan ditinggal oleh pengunjung anda. Dengan demikian otomatis anda harus terus menulis konten  setiap hari, yang pada ujung-ujungnya anda jadi penulis profesional.

3. Berbagi Ilmu dengan Orang lain.

Dengan memiliki blog maka anda mempunyai kesempatan berbagi ilmu yang sangat bermanfaat dengan orang lain, baik berupa trik atau tips,  cerita, pengalaman menarik, info, tutorial ataupun bimbingan tentang sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga memberikan manfaat untuk kebaikan.

4.  Menambah Ilmu Pengetahuan

).push({});

Sebagai seorang blog maka anda harus menyampaikan berbagi gagasan atau ilmu, hal ini tentu mengharuskan anda untuk membaca dan membaca lagi dari berbagai sumber untuk disampaikan kembali kepada orang lain. Maka jangan salah menjadi blogger tambah ilmu pengetahuannya,

5. Menumbuhkan  Kreatifitas

Dengan menjadi blogger menumbuhkan kreatifitas pengembangan diri yang kemudian anda sampaikan kepada masyarakat yang akan memberikan faedah buat mereka. Anda dapat mengembangkan kreatifitas sesuai dengan style anda yang dituangkan dalam sebuah blog atau situs untuk menyampaikan hal ihwal yang ingin anda sampaikan.

6. Sebagai Sarana Membangun Kepercayaan atau trus

Kepercayaan adalah sangat berharga, tanpa kepercayaan anda tak  mungkin membangun bisnis atau apapun namanya. Dengan memiliki blog anda dapat membangun kepercayaan tentang sesuatu kepada anda.

7. Mendapatkan penghasilan Dari Blog

Dengan memiliki blogg maka anda secara otomatis dapat memungkinkan anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog, misalnya dengan menjual produk atau jasa, ataupun memasang baner iklan atau menjadi publisher google adsence. Telah banyak para blogger yang sukses meraih penghasilan puluhan bahkan ratusan juta seperti Ane Ahera, Eka Lesmana, juragan cipir dsb.

8. Menjadi Terkenal Dan Populer

Dengan menjadi blog maka anda akan dikenal oleh pengunjung blog, semakin banyak pengunjung blog anda maka semakin banyak orang yang mengenal anda, Anda bisa bayangkan jika pengunjung anda sudah ratusan ribu, anda bak selebritis, yang akan ditunggu oleh para penggemarnya.

9. Sebagai Sarana Promosi

Blog atau situs dapat dipungsikan sebagai sarana promosi produk atau jasa yang hendak kita pasarkan. Anda dalam  mempromosikan produk atau jasa tidak perlu hanya membuat toko online saja, tetapi kamu juga dapat menggunakan blog atau situs untuk mempromosikan produk atau jasa.

Artikel terkait Alasan memilih bisnis online

Demikianlah artikel singkat tentang Manfaat dan Tujuan Membuat Blog, semoga dapat meyakinkan mereka yang memandang bahwa membuat blog hanyalah kegiatan tak berarti.

Related posts

5 thoughts on “Manfaat dan Tujuan Membuat Blog

  1. Sunigisprrly well-written and informative for a free online article.

  2. terimakasih. artikelnya sangat bermanfaat.. kalu ada waktu baca juga 19 Manfaat Membuat Blog.
    salam kenal.

    1. abufauzan112

      ok terima kasih…

  3. informasi yang bagus dan bermanfaat keren

    1. abufauzan112

      thanks

Leave a Comment

*