Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

index

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan >> Jambu biji adalah merupakan  salah satu buah yang sangat  populer di Indonesia, dan untuk mendapatkannya adalah sangat mudah, dari mulai supermarket hingga pasar dan warung kecil biasanya tersedia. Buah jambu biji yang salama ini kita anggap sepele ternyata banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Untuk itu, saya akan berbagi tentang manfaat jambu biji bagi kesehatan, agar kita dapat memanfaatkan buah jambu biji untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

Hampir semua orang sangat menyukai jambu biji, hanya saja terkadang ada orang yang sangat berhati-hati dalam memakan jambu biji ini, karena dikhawatirkan bijinya bersarang di usus buntu, sehingga mereka makan dengan tidak menyertakan bijinya.

Menurut penelitian para ahli gizi ternyata kandungan zat yang yang terdapat pada buah jambu biji sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun zat kandungan yang terdaat pada jambu biji adalah  :

  • Mengandung Vitamin A yakni 21 % dari nilai harian yang sangat diperlukan untuk menjaga selaput lendir pada kulit.
  • Mengandung Zat Kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga reegulator tekanan darah.
  • Mengandung Flavonoid dan beta karoten yang berfungsi untuk mencegah kanker.
  • Mengandung zat folat (20%),  yang sangat dibutuhkan bagi wanita hamil.
  • Mengandung lycopene, terutama pada jambu muda yang sangat dibutuhkan untuk melindungi kulit dan dapat mencegah kanker prostat.
  • Zat-zat lain seperti Asam pantotenat, Niasin, Vitamin B6 (pyridoxine), Mineral magnesium, Tembaga, Mangan, dan Vitamin E dan K

Ada dua jenis biji jambu ini, ada yang dagingnya berwarna merah dan ada pula yang dagingnya berwarna putih. Terkadang ada sebagian orang yang sangat menyukai biji jambu yang dagingnya berwarna merah dengan alasan lebih manis dan lezat dibanding dengan yang berwarna putih.

Saya pernah punya pengalaman yang sangat berharga dan berkesan dengan jambu biji ini. Sekitar tahun 2008, ketika masa-masa sangat sulit, isteri saya terserang penyakit demam berdarah, sehingga harus masuk ke Rumah Sakit. hampir setiap hari saya selalu membeli jambu biji khusus yang berwarna merah, kemudian di jus dan diberikan secara rutin kepada isteri saya. Bersyukur penyakit tersebut lekas sembuh, dan isteri saya secepatnya pulih kembali.

jus

 

Berikut ini Manfaat jambu bagi kesehatan tubuh kita :

Dengan kandungan zat yang terdapat dalam jambu biji, jambu biji sangat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh sebagai mana berikut ini :

1, Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan zat yang terdapat dalam tubuh adalah sangat penting guna meningkatkan tingkat kesehatan tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit, Terlebih dengan kandungan nutrisi vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh guna meningkatkan kekebalan tubuh.

2.  Mencegah hipertensi atau darah tinggi

Dengan banyak mengkonsumsi jambu biji, akan dapat mencegah dari penebalan darah sehingga akan mengurangi resiko dari hipertensi. Kandungan serat dalam jambu biji dapat membantu untuk mengurangi kolekstrol dalam darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kerja jantung yang optimal.

3. Mencegah Tumor dan Kanker

Dengan kandungan lycopene yang terdapat dalam jambu biji sangat bermanfaat untuk mencegah tumbunnnya tumor. Biji jambu yang banyak mengandung zat antioksidan yaitu flavonid dan fitonutrien, sebagai zat yang sangat efektif untuk mencegah kanker. Disamping itu biji jambu dengan kandungan vitamin C dalam dosis tinggi bermanfaat dalam  menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

).push({});

4. Dapat Membantu untuk penderita diabetes

Biji jambu juga dengan digunakan untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi secara kontinyu akan membantu penyebuhan penyakit diabetes. Dengan kandungan serat yang tinggi pada jambu biji dapat befungsi untuk membantu penyerapan gula dalam tubuh, sehingga memungkinkan turunnya insulin dan gllukosa dalam tubuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi jambu biji dapat mencegah munculnya diabetes tipe 2.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Dengan Kandungan vitamin A di dalam jambu biji dapat  mencegah infeksi mata dan timbulnya penyakit mata.

6. Meningkatkan sistem pencernaan

Dengan kandungan yang terdapat pada jambu biji yakni zat  lycopene adalah sangat baik dalam meningkatkan sistem pencernaan yang sehat.

7. Meningkatkan kesehatan tiroid

Jambu biji adalah mengandung banyak zat tembaga yang sangat penting untuk mengatur metabolisme tiroid, sehingga dapat membantu dalam mengontrol  produksi hormon dan penyerapan. Adapun Kelenjar tiroid adalah merupakan kelenjar yang sangat penting untuk mengatur hormon yang pada akhirnya sistem keseimbangan kesehatan dapat diwujudkan.

8. Dapat Meremajakan kulit

Jambu biji yang banyak mengandung vitamin A, sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam  meningkatkan kesehatan kulit, sehingga kulit akan tembak lebih muda dan remaja. Disamping itu jambu biji juga dapat bermanfaat untuk mengeluarkan zat antioksida, sehingga kulit akan tampak lebih segar.

9. Dapat Menambah jumlah darah

Jambu biji yang banyak mengandung vitamin E, K, folat, niasain, mangan, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic yang semuanya mempunyai fungsi untuk dapat meningkatkan jumlah sel darah merah pada tubuh.

Cara mengkonsumsi buah jamu, dapat dimakan secara langsung dan dapat pula dibuat jus atau dapat pula  dicampur dengan makanan lainnya.

Baca selengkapnya :

Demikianlah artikel Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan, semoga memberikan manfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi kesehatan. Jika artikel ini sangat bermanfaat bagi anda, ada banyak teman anda yang membutuhkan informasi artikel ini, mohon anda membagikan lewat medsos milik anda. Terima kasih.

Related posts

2 thoughts on “Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

  1. Its not my first time to pay a quick visit this web
    site, i am browsing this website dailly and get nice data from here everyday.

  2. Peculiar article, just what I needed.

Leave a Comment

*