Manfaat Kurma bagi Kesehatan

images (50)

Manfaat Kurma bagi Kesehatan >> Kurma adalah  jenis tanaman yang tumbuh banyak di daerah gurun pasir seperti Arab Saudi sana. Suhu dan letak geografis yang mendukung dan cocok untuk tanaman kurma ini, Arab Saudi terkenal dengan kurma yang lezat dan terkenal di seluruh dunia. Maka jangan heran, untuk memberikann kesan khas maka seluruh wilayah saudi, dihiasi taman yang diisi dengan tanaman kurma. Ternyata bahwa dalam buah kurma mengandung zat yang sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk menjaga kesehatan. Belum Tahu khan? kali ini saya akan berbagi informasi tentang Manfaat Kurma bagi Kesehatan. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.,

Disaat bulan puasa, banyak kaum muslimin yang menjadikan kurma sebagai sajian buka puasa, Dengan kesan manis dan lezat, kurma, ternyata mengandung banyak manfaat dan faedah untuk kesehatan. Kali ini saya akan share postingan tentang manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia.

Di jaman sekarang ini, untuk mendapatkan buah kurma tidaklah sulit, karena banyak dijual di berbagai pusat perbelanjaan. Jika anda ingin makan kurma, anda tidak perlu membelinya dari negara asal, kecuali anda sedang melaksanakan haji atau umrah, anda jangan lewatkan oleh-oleh kurma ini dan anda dapat mendapatkan Manfaat Kurma bagi Kesehatan anda dan keluarga anda.

images (51)

Adapun manfaat yang terkandung dalam buah kurma untuk meningkatkan kesehatan tubuh yakni :

1. Kurma mengandung nutrisi lengkap untuk pertumbungan kesehatan tulang.

Kesehatan tulang bagi kita adalah sangat penting, karena dengan kesehatan tulang maka akan memberikan kesegeran tubuh yang prima. Harus anda ketahui bahwa seiring bertambahnya umur, maka kekuatan tulang juga akan berkurang, untuk itu maka diperlukan nutrisi untuk meningkatkan kesehatan tulang, dengan mengkonsumsi kurma yang banyak mengandung selenium, magnesium mangan dapat mengurangi kemungkinan terjdinya pengeroposan tulang.

2. Kurma banyak mengandung zat besi,

Dengan banyak mengkonsumsi kurma yang banyak mengnandung zat besi, maka anda akan terhindar dari penyakit anemia atau kurang darah.

3. Melancarkan BAB.

).push({});

Masalah BAB adalah masalah sederhana tetapi sangat mengganggu dalam keseharian, Jika terserang susah buang air  besar ini hendaknya secepatnya di atasi, karena dapat menimbulkan penyakit baru lainnya,

4. Banyak Mengandung Kalium

Zat kalium adalah zat yang sangat diperlukan oleh tubuh kita yaitu  untuk meningkatkan kerja organ otak kita. Dengan mengkonsumsi banyak kurma maka akan dapat mengoptimalkan kerja otak. Bagi anda yang banyak menggunakan kerja otak, seperti mahasiswa, dosen, atau pun para pemikir, hendaknya banyak mengkonsumsi kurma.

5. Kurma Mengandung potasium.

Dengan mengkonsumsi korma maka asupan potasium untuk kesehatan jantung menjadi terpenuhi. Kekurangan zat ini, maka mempunyai resiko serangan jantung dan troke.

6. Kurma banyak mengandung glukosa, sukrasa dan fruktosa yang berfungsi untuk mengembalikan energi tubuh setelah banyak melakukan aktifitas. Inilah mengapa dianjurkan bagi anda setelah berpuasa seharian penuh, untuk memulai berbuka dengan mengkonsumsi kurma, karena akan dapat mengembalikan energi tubuh yang terkuras karena berpuasa. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

7. Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.

8. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya [4]. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran.

9. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

10. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

Demikianlah informasi tentang Manfaat Kurma bagi Kesehatan, semoga memberikan manfaat bagi kesehatan anda dan keluarga anda.

Related posts

One thought on “Manfaat Kurma bagi Kesehatan

  1. Subhanallah sebegitu hebatnya manfaat ciptaan Allah SWT. Semoga kita bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Leave a Comment

*