Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

images

Manfaat Mentimun bagi Kesehatan >>  Rasanya tidak salah kalau dikatakan bahwa buah yang paling poppuler sedunia adalah mentimum. Saya melihat di beberapa negara selalu menemukan mentimun. Hanya yang membedakan adalah jenis dan ukurannya. Di timur tengah ukurannya kecil dan merupakan jenis unggul, serta sangat muda sudah dikonsumsi. Teryata buah mentimun yang sangat terkenal tersebut, mempunyai kandungan manfaat bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh orang. Oleh karenanya kali ini saya ingin berbagi tentang manfaat mentimun bagi kesehatan ibu hamil

Berdasarkan penelitiaan ahli gizi terhadap kandungan buah mentimun, ternyata kandungan buah mentimun banyak sekali mengandung beragam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatal. Buah mentimun banyak mengandung mineral potasium, vitamin A dan vitamin K, folat, seng, karbonhidrat, zat silika, fosfor, magsenum,  omega 3, zat antioksidan dan masih banyak sekali kandungan zat lainnya. Semua kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan, bahkan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit..

unduhan-2

Mentimun adalah merupakan salah satu buah sayuran yang banyak mengandung air, memiliki tekstur renyah dan biasanya dijadikan pelengkap atau lalab ketika makan. Kandungan kalori yang terdapat pada mentimun sangat rendah, dan mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, Para ahli diet menyatakan bahwa kandungan nutrisi dalam mentimun sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika menjalani diet.

Berikut ini beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari buah mentimun untuk kesehatan tubuh :
1,  Mencegah dan menghambat kanker
Zat lignan adalah zat yang berfungsi untuk menghambat, dan mencegah kanker yang sangat membahayakan keselamatan jiwa seperti kanker rahim, panyudara, rahim dan prostat.  Dengan mengkunsumsi zat lignan, maka seluruh  bakteri yang ditemukan dalam  saluran pencernaan akan  diubah menjadi enterolignans. sehingga Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, yang dapat mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.

 

2. Melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Mentimun dengan kandungan air yang tinggi dan juga mengandung serat yang sangat efektif untuk melancarkan buang air besar, sekaligus mencegah sembelit, yang sangat mengganggu diri kita.  Mentimun mengandung kalori yang sangat rendah  hanya 15 gram / 100 gram, sehingga  mengkonsumsi mentimun dapat mengatasi sembelit

3. Mentimun dapat digunakan untuk mengatasi darah tinggi

Kandungan zat yang terdapat dalam buah mentimun, seperti kalium, dan magsenium, ternyata berhasiat untuk menurunkan darah tinggi. Jika anda sedang terkena tekanan darah tinggi dianjurkan untuk benyak mengkonsumsi buah mentimun dengan cara direbus. Dengan  mengandung mangan dan serat, mentimun bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, baik darah tinggi maupun  darah rendah. Bahkan uap yang dihasilkan ketika menggodok mentimun dapat dihirup  untuk mengatasi  stres, dan dapat digunakan untuk  melemaskan otot-otot syaraf panca indra

4. Dengan mengkonsumsi mentimun, dapat mengurangi kadar kolekstrol dalam darah.

Dengan zat sterol yang terkandung dalam buah mentimun, maka dapat mengurangi kadar kolekstrol yang membahayakan kesehatan kita.

5. Obat Diabetes

Mentimun dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan penderita diabetes, karena dalam buah mentimun mengandung hormon yang berfungsi untuk memproduksi insulin pada sel-sel organ penkreas.

6. Dapat digunakan untuk perawatan kulit.

Mentimun dengan kandungan air yang sangat tinggi, mengandung beberapa mineral yakni magnesium, potassium, manganese, dan silika menjadikan buah ini sangat baik digunakan untuk perawatan kulit.

7. Meningkatkan Kesehatan ginjal.

Kandungan air yang terdapat dalam mentimun  dapat  membantu fungsi ginjal dengan cara memperlancarkan  buang air kecil. Dengan mengkonsumsi jenis sayuran ini dapat melarutkan  dapat meningkatkan kesehatan fungsi ginjal dalam proses memproduksi air kemih.

8. Dengan kandungan silika yang sangat tinggi,

Buah mentimun dapat memperkuat persendian, juga dapat menbersihkan tampilan kuku dan jari tangan.

9. Mengatasi  masalah yang berhubungan dengan pencernaan seperti mulas atau  asam lambung.

).push({});

Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pencernaan dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun.

10. Biji mentimun dapat diigunakan untuk obat  mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus.  biji mentimun juga memiliki sifat anti inflamasi yang sangat  efektif untuk pengobatan pembengkakan pada  selaput lendir hidung dan bagian tenggorokan .

11. Menghambat penuaan, Buah mentimun banyak  mengandung antioksidan seperti karoten, zea – xanthin dan lutein, yang dapat berfungsi sebagai untuk memberihkan zat yang menyebabkan penuaan.

12 Dengan mengkonsumsi jus mentimun yang banyak mengandung zat yang dibutuhkan oleh pankreas, maka dapat  mengatasi keluhan pada pasien  diabetes. Begitu juga zat Tembaga yang terdapat pada  mentimun juga dapat  menghasilkan sel darah dan meningkatkan proses terjadinya sirkulasi darah.

13.  Ketimun dapat digunakan untuk mengatasi penyakit sakit kepala dan untuk menyembuhkan mabuk. Hal ini karena mentimun mengandung zat  vitamin B dan elektrolit yang dapat mengurangi intensitas mabuk.

14 . Menghilangkan racun. Kadar air yang banyak pada mentimun dapat berfunhgsi  sebagai pembersih racun yang terdapat pada tubuh.

15. Mengandung zat tembaga untuk membantu neurotransmitter. Hal ini juga membantu menghambat penyakit Alzheimer.

16. Mengandung antioksidan seperti karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.

17 . Mentimun juga dikenal dapat mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.
18 . Metimun bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.

19 . Mentimun memiliki sifat diuretik ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi. Juga  mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.

MANFAAT MENTIMUN UNTUK KULIT 

Disamping manfaat bagi kesehatan secara umum di atas, buah mentimun juga dapat digunakan untuk perawatan kulit. Banyak produk kesehatan yang mempergunakan bahan dasar dari buah mentimun.

1, Dapat digunakan sebagai Masker wajah.  Manfaat dari buah mentimun yang sangat dominan dan bermanfaat bagi kesehatan kulit adalah untuk revitalisasi, dimana proses ini sebagai prosees peremajaan dan mengencangkan kulit.

2. Dapat digunakan untuk membatu memulihkan kulit yang terbakar karena sengatan matahari, yakni dengan cara mengiris tipis lalu diletakan pada bagian kulit yang terbakar.

3. Buah mentimun mengandung zat pemutih ringan yang berfungsi untuk meremajakan kulit sehingga kembali muda.

4 . Dapat digunakan untuk mengurangi pembekakan disekitar kelopak mata. yakni dengan cara  melumatkan mentimun kemudian dibalurkan disekitar daerah yang bengkak.

5. Dapat digunakan untuk menyempitkan pori-pori yang terbuka.

Dimana ekstrak buah mentimun dapat berfungsi sebagai  toner. Jika anda mencampurnya dengan ramuan  bubur tomat, cuka sari apel, dan gel Aloe Vera gel maka akan sangat efektif sekali.

6. Buah mentimun dapat digunakan untuk menjaga kelembaban kulit. Kandungan vitamin E dan kalium akan sangat bermanfaat untuk  mengurangi keriput, flak hitam dan proses penuaan,

Baca selengkapnya

Demikian artikel sederhana tentang Manfaat Mentimun bagi Kesehatan, semoga memberikan manfaat bagi kesehatan kita semua.

Related posts

One thought on “Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

  1. I read this article completely concerning the resemblance of hottest and preceding technologies, it’s awesome article.

Leave a Comment

*