Mengenal Masyarakat Arab Baduy

55609ae60423bd64718b456a

Mengenal Masyarakat Arab Baduy>> Membicarakan masyarakat Arab Saudi memang tidak ada habisnya, dari sejak zaman dahulu kala sampai akhir kelak akan terus menarik untuk diperbincangkan. Mungkin bagi sebagian besar di masyarakat kita, mengenal masyarakat arab diawali ketika mereka mulai belajar di bangku sekolah dasar, dimana salah satu materinya yang berhubungan dengan Pendidikan Agama Islam. Oleh karena membicarakan materi pendidikan agama islam, maka tidakk luput dengan membicarakan masyarakat Arab Saudi.

Kepopuleran negara Arab Saudi tak lepas dari keberadaan dua kota haramain yakni Mekkah Al-Mukarromah dan Madinah al-Munawwarah. Kedua kota ini sangat erat hubungannya dengan keberadaan Baginda Nabi Muhammad saw.  Beliau seorang nabi yang terakhir yang dilahirkan di kota Mekkah al-Mukaromah pada tahun 571 M. dan dikenal dengan tahun gajah. Setelah diangkat sebagai Nabi, baginda Muhammad saw hijrah ke Kota Madinah untuk menyebarkan agama Islam, dan di kota madinah ini, agama Islam berkembang sangat pesat menyebar ke seluruh dunia.

Karakter Bangsa Arab Baduy

Masyarakat Arab Saudi di zaman dahulu kala kehidupannya dengan cara nomaden atau urban yakni dengan hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, inilah yang dikenal dengan sebutan arab baduy. Mereka adalah yang  telah mewakili bentuk adaptasi kehidupan manusia  dengan  kondisi geografisnya yang didominasi oleh gurun pasir dan bebatuan. Oleh karena itu perbedaan domisili antara perkotaan dan masyarakat gurun yaitu dimotivasi oleh tuntutan yang sangat kuat untuk memenuhi kebutuhan baik kebutuhan biologis maupun perlindungan diri.

Gambaran Orang Arab Badui merupakan  fakta  nyata dari kondisi alam gurun yang penuh dengan persaingan,  kekerasan dan keganasannya. Di antara karakteristik masyarakat Arab Badui adalah sebagai berikut:

1. Memiliki karakteristik Yang Kuat

Masyarakat arab baduy memiliki karakteristik yang sangat kuat, mereka tidak terpengaruh dengan cara hidup asing, mereka memilih tradisi yang telah tertanam sebagai warisan nenek moyangnya. Masyarakat arab baduy khususnya atau masyarakat arab pada umumnnya mempunyai sifat yang sangat kuat memegang gaya hidup yang diwariskan secara turun temurun, baik yang menyangkut prilaku, pola hidup, beternak, bertani, berpakaian ataupun yang lainnya.

 

images (9)

2. Memiliki kekuatan dalam  Ikatan Darah Dan Kesukuan

Secara geografis masyarakat arab hidup pada lingkungan padang pasir yang sangat gersang dan bebatuan, hal i i sangat mempengaruhi pola hidup dalam hidup dan kehidupan mereka. Untuk mempertahakan keberlangsungan kehidupan mereka baik sebagai komunitas maupun sebagai individu, maka benteng yang mereka gunakan adalah ikatan darah dan kesukuan.

Kondisi yang sangat panas, kemudian terbatasnya persediaan air dan makanan membentuk karakter bangsa arab kuat tanpa mau menundukan kepada kepada orang yang dianggap asing. Bagi mereka ikatan darah dan keesukuan adalah hal yang sangat utama,  Jika status ikatan darah dan kesukuan mereka terputus, maka statusnya seperti buronan tanpa adanya perlindungan dan keselamatan atas dirinya

Orang arab yang tergolong badui merupakan sahabat yang setia dan pemurah, yang dibarengi dengan ketabahan dan kewibawaan laki-laki,  sebagai salah satu faktor yang sangat dijunjung.

4. Memiliki sifat demokrasi yang tinggi

Secara umum bangsa Arab adalah masyarakat yang lahir sebagai masyarakat yang memegagang prinsif demokrat, mereka memandang masyarakat semua sama, adapun adanya raja adalah merupakan pangaruh penguasa asing khususnya warga Ghassan dan warga Kindah yang telah dipengaruhi oleh Romawi dan Persia.

).push({});

5. Mempunyai watak Aristokrat

Disamping memiliki sifat yang kuat demokratis, bangsa Arab pun memiliki sifat aristocrat, artinya bahwa mereka memandang dirinya sendiri sebagai kelompok yang diciptakan dengan nilai lebih atau  unggul. Menurutnya orang arab adalah bangsa yang terbaik,  kemurnian darah, kefasihan dalam bahasa, keindahan dalam  berpuisi, kekuatan pedang dan kudanya serta kemuliaan keturunannya (nasab) adalah  merupakan kebanggaan yang paling utama bagi bangsa Arab.

6. Mempunyai sifat psikis sebagai berikut :

  • Secara umum Orang arab mmpunyai keteguhan pendirian dan kesabaran yang tinggi.
  • Mempunyai sifat individualisme yang tinggi.
  • Mempunyai sifat kedisiplinan  yang tinggi.
  • Mempunyai sifat keberanian sebagai hasil tempaan kerasnya persaingan hidup di gurun pasir.
  • Banyak memiliki isyarat non-verbal khas Arab

7. Dalam kaitannya dengan ciri-ciri fisik bangsa Arab, yaitu :

  • Memiliki postur yang tinggi, besar dan tegap.
  • Mempunyai hidung yang mancung.
  • Mempunyai rambut keriting.

 

8. Peraturan Lalu lintas

Berlalu lintas di Arab Saudi sangat berbeda dengan berlalu lintas di wilayah kita, karena kalau berlalu yang berlaku di Indonesia  setiap pengguna jalan umum, baik kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum  diajibkan berada di jalur kiri jalan dan  kemudi berada di bagian kanan. Namun yang berlaku di Arab Saudi adalah sebaliknya yakni para pengguna jalan raya diwajibkan di kanan.

11.  Rumah Hunian adalah bagian privasi

Adalah Bagi orang Arab Saudi, rumah tempat tinggal adalah merupakan  bagian privasi yang sangat dijaga denngan baik, tak semua orang bisa keluar masuk ke  dalamnya dengan mudah. Bahkan bagian luar pada setiap rumah selalu ditutup dengan pagar tembok tinggi. Setiap yang ada di balik tembok merupakan privasi yang tidak boleh di akses publik. Hal ini memang sangat sejalan dgn syariah Islam yang memberikan batasan dalam hubungan antara pria dan wanita.

12. Busana

13289065861130056896

Adalah bagi orang Arab hampir semuanya menggunakan pakaian putih yang dikenal dengan sebutan ”tsaub”.  Disamping itu, mereka juga  menggunakan sorban motif kotak-kotak kecil berwarna merah-putih yang diikat dengan “igal” di atas kepala. Mereka menanamkan kecintaan kepada pakaian tsaup kepada keluarganya semenjak dini, sehingga orang arab sangat membanggakan pakaian khas mereka.

Baca selengkapnya :

Demikialah postingan tentang Mengenal Masyarakat Arab Baduy, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

 

Related posts

Leave a Comment

*