Menjaga Kwalitas Puasa

images

Menjaga Kwalitas Puasa >>  Ibadah puasa adalah merupakan ibadah yang berhubungan dengan usaha mengendalikan hawan nafsu. Dengan cara dilatih selama sebulan penuh yakni untuk tidak makan, minum, bersenggama dengan isteri selama sebulan penuh, maka secara otomatis nafsu kita belajar untuk dikendalikan. Namun tentunya dalam menjalankan puasa banyak sekali godaan nafsu yang selalu merusak nilai puasa, oleh karenanya adalah wajib bagi kita untuk menjaga kwalitas puasa agar tujuan puasa dapat diraih sebaik-baiknya.

Dalam sebuah hadits dinyatakan bahwa ada sebagian orang yang puasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali hanya lapar dan dahaga, kenapa ? karena mereka dalam berpuasa tidak dapat menjaga kualitas puasa sebagai mana yang diperintahkan oleh syariat.

Dalam Hadis lain menyatakan bahwa dalam menjalankan berpuasa hendaknya berusaha sebaik mungkin dalam melakukannya, jangan sampai terjerumus kedalam perbuatan-perbuatan yang merusak kwalitas puasa  itu sendiri. Jika hal itu terjadi maka Allah swt tidak akan pernah memandang puasa kita.

Imam Ghozali membagi kategori puasa menjadi 3 bagian :

1. Puasa Amm, yakni puasa yang hanya dapat menahan dari yang dapat membatalkan dari makan, minum dan bethubungan intim dengan suami-isteri, dari semenjak terbit fajar sampai terbenam matahari.

2. Puasa Khas, yakni puasa khusus maksudnya adalah puasa yang dilkukan pada siang hari, selain dapat menjaga dari hal-hal yang dapat menjaga dari yang membatalkan seperti pada puasa amm, juga dapat menjaga dari perbuatan-perbuatan lain yang dapat merusak puasa, seperti ghibah, bertengkar, dan melakukan perbuatan dosa kecil.

3. Puasa khas bil khas, yakni puasa berkwalitas tinggi, maksudnya puasa yang dilakukan kecuali dapat menjaga hal-hal yang dapat membatalkan puasa secara dhahiriyah/lahir, seperti pada puasa amm, juga ia dapat menjaga hal-hal yang bisa merusak nilai puasa, juga dapat menjaga hatinya untuk tetap tawajuh kepada Allah, ia selalu meningkatkan amalan baik shalat-shalat sunah, maupun amalan lain yang dapat meningkatkan kedekatannya dengan Allah swt.

Para Ulama menganjurkan hendaknya ketika berpuasa memperhatikan eman perkara seperti berikut ini :

1. Menjaga mata dari memandang hal-hal yang dilarang.

).push({});

Rosul bersabda :” Pandangan mata adalah anak panah dari anak-anak panah syetan. Barang siaapa yang menjauhkan diri dari melihat mksit karena takut kepada Allah, maka Allah akan mengaruniakan kekuatan, kemanisan dan kelezatan iman dalam hatinya”

2. Memelihara lidah dari berdusta, berbicara sia-sia, menfitnah, bertengkar, dan mengumpat

images (12)

3. Menjaga telinga dari mendengar hal-hal yang makhruh. Sama dilarangnya mendengarkan dan mengucapkan dari hal-hal yang dilarang.

4. Menjauhkan anggota badan lainnya dari perbuatan-perbuatan dosa dan hal-hal yang diharamkan. Misalnya tangan janganlah digunakan untuk memegang sesuatu yang dilarang, kaki jangan melangkah pada perbuatan maksiat,

5. Tidak terlalu kenyang ketika berbuka puasa, walaupun dengan makanan yang halal, karena dengan memakan yang terlalu kenyang maka tujuan dari puasa tidak akan tercapai, Puasa mempunyai tujuan untuk menahan syahwat dan nafsu hewaniyah yang ada dalam diri kita, dan menungkatkan nurani dan ruhani kita.

6. Berpuasa hendaknya menghadirkan perasaan khouf atau khawatir puasanya tidak diterima, dan raja’ maksudnya berpengharapan besar agar puasa kita diterima Allah Swt. Demikian juga ketika kita menjalankan ibadah-ibadah lainnya, maka hendaknya kita menghadirkan perasaan takut kepada Allah, sehingga kita sellalu berusaha untuk memperbaiki diri dalam melaksanakan berbagai ibadah kepada-Nya.

Baca selengkapnya

Demikianlah artikel sederhana tentang  Menjaga Kwalitas Puasa, semoga memberikan manfaat kepada kita semua, sehingga kita dalam menjalankan puasa mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Amiin, Thanks

Related posts

Leave a Comment

*