Puasa sebagai Sarana Mendidik Mental

images (32)

Puasa sebagai Sarana Mendidik Mental >> Tak terasa bulan Ramadhan sudah hampir sepuluh hari. Tinggal menunggu beberapa saat, yakni sekitar 90 menit lagi datang waktu magrib, untuk berbuka puasa hari yang ke-10. Sambil menunggu puasa, saya akan share postingan tentang puasa sebagai sarana untuk mendidik mental.

Dalil naqli Kewajiban Puasa

1. QS Albaqarah ayat 183

Artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah:183)

2. Sabda Nabi : *Barang siapa yang berpuasa dengan keimanan dan keyakinan, maka  Allah akan ampuni dosa-sosanya. (Hadits)

images (30)

Dalil Aqli Puasa.

Puasa adalah perintah Allah yang disampaikan melalui Rosulullah saw. sebagai sarana untuk melatih diri, agar mendapatkan peningkatan dalam derajat ketaqwaan. Sehingga dapat dikatakan bahwa ibadah puasa bukan merupakan tujuan, melainkan sarana untuk mencapai derajat ketakwaan.

Sesungguhnya seluruh makhluk di muka bumi ini semuanya mengalami puasa. Dimana puasa ini sebagai sarana untuk suatu tujuan. Seekor ayam betina akan berpuasa selama 21 hari ketika mengengrami telornya, agar suhu dalam tubuhnya memungkinkan untuk menetaskan telur menjadi anak ayam. Begitu juga dengan mahluk lainnya seperti ulat untuk berubah menjadi kupu-kupu, maka ia harus melakukan proses (puasa) sehingga ia berubah menjadi kupu-kupu yang disenang oleh banyak orang.

Baca Selengkapnya Keutamaan Malam lailatul Qodar

).push({});

Sebagai Sarana mendidik Mental

Ibadah puasa merupakan sarana tarbiyah mental yang digembleng selama sebulan penuh, yang kemudian hasil hari proses puasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selama 11 bulan kedepan.

Ketika kita menjalankan hidup dan kehidupan, maka dalam proses kehidupan selama 11 bulan akan mengalami degradasi, sehingga mental kita menjadi kotor lagi, maka pada bulan Ramadhan berikutnya akan menempuh proses tarbiyah mental serupa, begitulah seterusnya, sehingga diharapkan kita tetap berada dalam jalan yang lurus, jalan agama Allah.

Allah berfirman ;

“Sesungguhnya kebaikan-kebaikan itu, dapat menghapus segala kesalahan-kesalahan (dosa-dosa)”. (Huud:114)

Nabi saw bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka akan dihapus segala dosa-dosanya yang telah lalu”. (HR. Bukhari)

kecuali itu, puasa juga berfungsi sebagai sarana mendidik mental dalam kaitannya dengan kasih sayang, dimana dengan puasa dapat merasakan bagaimana keadaan pakir miskin, yang hidup dalam kekurangan.

Dengan berpuasa diharapkan akan melahirkan jiwa-jiwa yang tawadhu, dan taqwa kepada Allah swt. Allohua’lamubishowab.

Baca Selengkapnya Menyambut Hari Kemenangan dan 5 Tips Kerja di Bulan Ramadhan

Related posts

One thought on “Puasa sebagai Sarana Mendidik Mental

  1. I read this piece of writing fully concerning the comparison of most up-to-date and earlier technologies,
    it’s awesome article.

Leave a Comment

*