Sisi Lain Sosok Susi Pujiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja

download (9)

Mendengar nama Susi Pujiastuti, bagi penulis mungkin sudah sangat lama sekali, sekitar tahun l982, ya sekitar itu, ketika saya duduk di bangku MTsN  kelas 2, yang kebetulan tepat berada di depan rumah H. Karlan, orang tua  Susi Pujiastuti.

Ketika Istirahat anak-anak sekolah duduk-duduk di depan rumah H. Karlan, dibawah pohon sawo yang umurnya sudah ratusan tahun. Saling bercengkrama dengan sesama teman sambl duduk di meja plus kursi yang terbuat dari tembok.

Teman-teman yang kebetulan rumahnya masih satu kampung, suka bercerita bahwa anak H karlan ada yang namanya Susi, sekolah di SMAN 1 Yogyakarta, tapi sekarang tidak sekolah lagi, katanya. Saya dan teman-teman tidak mempertanyakan apa yang jadi alasannya,

Perlu diketahui untuk melanjutkan sekolah sekelas SMAN 1 Yogya, bukanlah orang sembarang, dari segi kecerdasan dan juga finansial, ya hanya orang tertentu saja, sekelas H. Karlan yang tanah dan sawahnya hektaran dengan penghasilan kelapanya puluhan ribu butir, dan hasil padinya puluhan ton.

Selepas saya sekolah di MTsN Pangandaran, saya melanjutkan ke SLTA, dan lepas pula dari informasi tentang Susi Pujiastuti. Mengapa lepas dari informasi tentang Susi Pujiastuti, karena memang saya bukan apa-apanya, dan tidak ada kepentingan apa pun titik.

Sekitar tahun 1992, saya pulang kampung dan mengabdikan diri di salah satu sekolah untuk menjadi salah satu pengajar, saya mulai melihat “geliatnya” Susi Pujiastuti, dengan aktifitas perusahaan perikanan, berupa produk eksportir hasil ikan laut. Setiap bagi dan sore, banyak wanita-wanita yang pulang pergi kerja di Perusahaan Susi, dan tidak sedikit pula orang yang menjual “tulang taleng” yakni berupa kepala ikan, dan tengkorak ikan yang masih tersisa bagian kecil dagingnya, dijual keliling kampung.

Pekerja Keras

Susi Pudjiastuti yang lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965, ini merupakan pekerja keras, ya pekerja keras. Orang sekelas dia memang jarang yang melakukan “kekoyolan” seperti itu, Kebanyakan teman seusianya dengan penghasilan dari warisan orang tuanya maka akan sangat mencukupi kebutuhan hidup anak cucunya.

Kenyataannya Susi tidak mau “diam”, ada saja impian-impian besarnya, sehingga ia mendirikan  PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan yang kemudian ia pun merambah mendirikan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air.

Sepak terjang beliau ketika mengelola perusahaannya, penulis sama sekalli tidak mempunyai akses, karena memang “keadaan” yang memang tidak bisa mengaksesnya. Baca selengkapnya Kisah Sukses Linda Ikeji Blogger yang Meraih Miliaran Rupiah Setiap Bulannya

Dipilih Jokowi Untuk Jadi Menteri

Jokowi memang fenomenal, sekali lagi fenomenal, Kariernya yang “melejit” menghancurkan mimpi-mimpi senoirnya. Ya ia telah mengandaskan mimpinya Abu Rizal Bakri, dan mencabik-cabik ambisinya Prabowo Subianto. dan menghancurkan langkah-langkah lawan politiknya.

).push({});

 

images (14)

 

Ketika ia berhasil memasuki Istana, ia pun tambah “nyleneh” memilih seorang menteri yang tidak lulus SMA, dialah Susi Pujiastuti.  Putusan “nyleneh” Jokowi ini akhirnya mengundang pro dan kontra. Apa kata Jokowi kepada Susi Pujiastuti?   Negara ini membutuhkan orang “gila” seperti Bu Susi.

Saat pelantikan Kabinet Kerja, orang dibuat bengong oleh Jokowi, dengan pakaian hitam putih layaknya mahasiswa baru yang akan mengikuti ospek, ia memanggil satu demi satu menterinya.

Sejak itu pengangkatan Susi Pujiasti yang dinilai kontroversi, apalagi beliau kedapatan menghisap sebatang roko dan memiliki tato, yang menurut ukuran tidak lazim bagi seorang menteri. Tapi Susi ya tetap Susi, ia tetap menjadi dirinya sendiri.

Berantas Ilegal Fishing

Sebagai pasukan Jokowi, tentunya Susi Pujiastuti semenjak dilantik ia telah mengetahui sebuah tugas yang sangat berat, yakni memberantas ilegal fishing. Jokowi telah menjadikan masa depan Indonesia ada di kemaritiman, memberantas illegal fishing menjadi prioritas utamanya, karena telah merugikan negara tidak kurang dari 1000 T setiap tahunnya.

“Pesan” Jokowi ini diterjemahkann oleh Susi dengan tindakan menangkap kapal penangkap ikan tanpa izin, dari negara-negara tetangga. Tak sampai disitu, kemudian ia pun mengeksekusi kapal-kapal tersebut dengan menghancurkannya. Menurutnya Indonesia harus mempunyai sikap tegas terhadap aksi illegal fishing. Kini saatnya Indonesia memperbaiki diri dengan menegakan Undang-undang Perikaanan, dimana setiap illegal fishing dapat ditindak dengan hukum diskresi di lapangan. Baca Komika Stand Up Comedy Dodit Mulyanto

Langkah Susi Pujiastuti untuk memberantas illegal fishing, tentunya memerlukan dukungan semua pihak, agar dalam mewujudkan Indonesia berjaya di laut dapat diwujudkan.

 

 

Related posts

One thought on “Sisi Lain Sosok Susi Pujiastuti Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja

  1. Hey very interesting blog!

Leave a Comment

*