Suhu Ekstrem Melanda Arab Saudi

images (6)

Abdul Rahman Muhammad al-Ghamdi seorang pakar Astronomi, memperkirakan bahwa suhu ekstrem sedang melanda Arab Saudi, suhu di wilayah mekah berkisar antara 55 derajat celsius sampai 65 derajat cercius. Demikian disampaikan pada hari Senin (1/6/2015)

Beliau mengatakan, suhu udara di tempat-tempat yang teduh bisa mencapai 50 derajat celsius, sementara di tempat terbuka bisa mencapai 65 derajat celsius.

“Musim panas akan terjadi di belahan Bumi utara mulai 21 Juni saat posisi matahari tegak lurus di atas  Cancer sehingga akan membuat banyak wilayah Saudi sangat panas,” ujar Al-Ghamdi.

Al-Ghamdi menambahkan, suhu panas ini akan dibarengi dengan tekanan angin yang panas dan lembab dari India, yang akan menambah tinggi suhu di negeri yang terkenal haramainnya.

Al-Ghamdi melanjutkan, faktor lain yang juga akan berkontribusi untuk semakin meningkatkan suhu di kerajaan itu adalah emisi karbon dari industri dan kendaraan bermotor.

Seperti Diketahui bahwa  Arab Saudi merupakan salah satu negara yang terbanyak kendaraan roda 4, Semua rumah mempunyai kendaraan mobil antara 2 sampai 4 buah. Sehingga sangat memperangaruhi peningkatan suhu yang ekstrem ini. Kecuali itu semua rumah mempergunakan Air Condition (AC) sehingga turut menyumbang peningkatansuhu terseebut

.download

Fenomena Gelombang Panas di Berbagai Negara

Sementara itu  saat ini  India tengah menderita akibat terjangan gelombang udara panas yang terjadi hampir di seluruh wilayahnya. Hingga saat ini, korban tewas akibat hawa panas di India mencapai sedikitnya 2.000 orang. Memang gelombang panas di India bukan kali pertama terjadi, pada tahun 2007 silam tercatat 100 orang tewas di kawasan India Utara, yakni di wilayah Uttar Pradesh yang menjadi wilayah terbanyak korbannya.

).push({});

Hal yang sangat menjadi pertanyaan adalah mengapa gelombang panas kali ini menjadi yang sangat mematikan dibanding sebelumnya ? Tentu penyebabnya pun di arahkan pada pemanasan global yang semakin memburuk dari waktu ke waktu. Tercatat bahwa gelombang pasan mengalami peningkatan suhu rata-rata 8 serajat dalam 100 tahun terakhir ini.

Seperti kita tahu bahwa pemanasan global yang disebabkan oleh manusia sehingga mengakibatkan tahun 2014 ini merupakan tahun terpanas dalam sejarah bumi. Efek tekanan panas tidak saja dirasakan di India melainkan juga dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah lain seperti Jepang.

gelombang-panas-jepang

Gelombang panas juga melanda wilayah Jepang, seorang wanita dikabarkan pingsan saat bekerja di sebuah Rumah Kaca di Prefektur Chiba, dan kemudian dinyatakan meninggal dunia. Diwilayah lain yakni di Ibaraki, dinyatakan bahwa seorang wanita berusia 61 tahun ditemukan meninggal di kebunnya. Pada Ahad seorang laki-laki berusia 76 tahun pingsan di tepi sungai “Dia diduga menderita heatstroke,” kata seorang petugas ambulans melalui telepon.

Tercatat lebih dari 199 orang yang dibawa ke Rumah Sakit akibat penyakit yang berhubungan dengan hawa panas. Menurut pejabat setempat suhu panas kisaran 35 – 40 derajat melanda hampir 400 kota di wilayah jepang.

Tak ketinggalan wilayah Australia juga mengalami gelombang panas yang luar biasa. Sehingga banyak terjadi kebakaran di berbagai wilayah. tercatat di pesisir bagian barat rumah terbakar sebanyak 55 rumah, dan menewaskan satu orang korban.

gelombang-panas-australia

Suhi diwilayah ini menjacai 42 derajat dan tidak kurang dari 129 orang tewas akibat penyakit yang berhubungan dengan suhu panas. Di vektoria ada 109 kasus dengan kasus terbanyak adalah serangan jantung.

Gelombang panas yang terjadi di tahun 2014 ini dengan melanda beberapa negara memang sangat mengerikan, karena akibat kerugian yang dialaminya sangat besar sekali. Semoga gelombang panas menambah kesabaran umat manusia untuk kembali kepada Tuhan.

 

Related posts

2 thoughts on “Suhu Ekstrem Melanda Arab Saudi

  1. Eve

    This is way better than a brick & mortar esbetlishmant.

  2. Hello there! This post couldn’t be written any better!

    Looking through this article reminds me of my previous roommate!

    He constantly kept preaching about this. I am going to forward this
    post to him. Sure he’ll possess a good read.

    I appreciate you for sharing!

Leave a Comment

*