Tajil Warisan leluhur

download (7)

Tajil Warisan leluhur >> Ketika orang berpuasa pasti semuanya menunggu datangnya waktu magrib untuk berbuka puasa, tanpa kecuali anak sampai orang tua, di desa atau di kota, bahkan diberbagai belahan dunia termasuk di Arab sendiri sebagai negara yang dikenal pusat Agama Islam.

Saya teringat waktu masih anak-anak dulu, ketika belajar untuk melakukan puasa sejak pagi sudah mulai mempersiapkan sesuatu untuk berbuka puasa, yaitu jika musim buah mangga, maka pagi-pagi mencari buah mangga yang jatuh milik tetangga. Jika menemukan buah yang dicarinya, maka disimpan baik-baik untuk berbuka puasa nanti sore.

Tradisi Iftar

Menurut Wikipedia yang dimaksud Iftar atau dalam  bahasa Indonesia buka puasa, mengacu pada sebuah perjamuan saat Muslim berbuka puasa selama bulan Ramadan. Iftar adalah salah satu ibadah di bulan Ramadan dan sering dilakukan oleh sebuah komunitas, dan orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Iftar dilakukan tepat setelah waktu Magrib.

Makanan untuk berbuka puasa antara satu negara dengan negara yang lain tentu mempunyai perbedaan, makanan buka puasa atau dikenal di kita dengan sebutan tajil, biasanya merupakan makanan pembuka puasa sebelum makan pokok yang  biasa kita lakukan. Baca selengkapnya Mengtasi bau mulut saat puasa 

Tajil Leluhur Indonesia

Tradisi lama yang telah turun temurun untuk makanan buka puasa biasanya kita menyediikan :

1. Air Putih atau air teh

Air putih atau air teh merupakan minuman yang selalu dipersiapkan oleh seluruh umat musiam yang melakukan puasa untuk iftar, tanpa kecuali masyarakat muslim Indonesia pun melakukan hal yang serupa. Air putih atau air teh berfungsi untuk mengganti cairan yang terdapat dalam tubuh yang seharian tidak mendapat asupan.

2. Kolak atau bubur kacang

images (7)

Kolak atau bubur kacang merupakan jenis masakan yang sangat faforit untuk berbuka puasa. Bahkan seakan seperti sebuah kewajiban makan kolak atau bubur ketika buka puasa. Makanan yang satu ini telah menjadi santapan buka puasa yang berlangsung secara turun temurun.

3. Es buah

images (61)

Ketika berbuka puasa akan sangatlah tidak sempurna jika tidak disertai dengan makanan es buah. Segar, manis dan ada aroma buah, memberikan khas rasa tersendiri. Minuman ini pun seakan mengembalikan kesegaran tubuh yang hilang selama seharian penuh. Tidak bedanya seperti tanaman yang sudah loyo, kemudian mendapat siraman, seperti seketika langsung segar.

4. Gorengan atau bakwan

).push({});

تنزيل (38)

Berbuka puasa rasanya tidak sempurna jika tidak makanan pengganjal perut berupa gorengan atau bakwan.  Ya, gorengan bakwan atau  bala-bala, goreng pisang, tahu dan sejenisnya  merupakan pengganjal perut yang tepat  untuk mengembalikan energi.

Itulah empat makanan khas iftar saat berbuka puasa, yang telah berlangsung turun temurun berpuluh-puluh tahun. Nah sekang kita mengintip bagai mana jenis makanan khas arab untuk bebuka puasa, yang telah berlangsung secara turun temurun seperti layaknya di kita. Baca selengkapnya Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadhan

Tajil Khas Orang Arab 

Jeni Makanan iftar orang arab

1. Minum Surbah

images (8)

Makanan khas timur tengah ini merupakan  menu wajib yang biasa disajikan selama bulan ramadhan. Bubur surbah yang terbuat dari tepung gandunm,  dicampur dengan beberapa rempah-rempah dan bumbu seperti bawang putih, merica dan bumbu.

Menu ini sangat lezat ketika dihidangkan saat berbuka puasa karena dapat memulihkan stamina usai berpuasa.

2. Kurma

download (7)

Berbuka puasa dengan kurma adalah sunnah Rosulullah saw. Beliau bersabda ”Rasulullah akan berbuka puasa dengan buah kurma segar yang telah masak sebelum kemudian melanjutkan dengan sholat. Jika kurma segar tidak tersedia, Beliau akan makan kurma kering. Jika kurma kering juga tidak tersedia, maka Beliau akan meminum air.”

3. Samosa

download (6)

Samosa merupakan makanan khas timur tengah. Kue yang rasanya gurih ini digoreng menyerupai  kue pastel dengan bentuk segitiga. Kue ini terbuat dari tepung tarigu ini merupakan makanan khas yang harus ada ketika berbuka puasa, dan juga merupakan warisan yang berlangsung secara turun temurun. Baca selengkapnya Jumlah Jamaah Masjidil Haram selama 10 Hari sebanyak 8 Juta

Demikian informasi singkat tentang Tajil Warisan leluhur semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Selamat berpuasa, wassalam,

 

Related posts

Leave a Comment

*