Tips Melamar Bekerja di Luar Negeri

images (2)

Tips Melamar Bekerja di Luar Negeri >> Terkadang kita dihadapkan pada suatu kondisi yang sangat sulit yakni harus bekerja di tempat yang jauh dengan keluarga. Mungkin bagi mereka yang sudah terbiasa berjauhan dengan keluarga  tidak jadi masalah, tapi anda bayangkan bagi mereka yang sama sekali tidak pernah mengalaminya? Sebuah pilihan yang sangat sulit dan bukan pilihan yang terbaik, itulah pengalaman yang  dirasakan  pemilik blog ini. Tapi bagaimana pun memilih bekerja di kuar negeri masih menjadi pilihan banyak orang, oleh karennya saya ingin berbagi tentang tips melamar bekerja di luar negeri agar dapat membantu teman-teman yang senasib dan sepenanggungan.

Ketika menghadapi keterpurukan secara ekonomi, semua yang dia punya sudah dijual untuk menutupi hutang yang menumpuk, bahkan rumah tempat tinggal yang dicintainya terpaksa harus dilepas. Dalam keadaan semacam ini, tenanglah anda jangan panik.

Saya pernah membaca sebuah berita detik.com salah seorang Kepala Desa di Jawa Tengah bunuh diri sekeluarga hanya karena terlilit hutang. Ini sangat menyedihkan, hanya karena hutang ia gelap mata melakukan bunuh diri sekeliuarga. Ketahuilah Ada banyak cara untuk mengatasi masalah hutang, ekonomi atau yang lainnya, dengan solusi yang tepat dan cerdas, salah satunya kerja di Luar Negeri.

Diakui atau tidak bekerja di luar negeri dalam keadaan seperti tersebut di atas memang menjadi pilihan yang tepat, karena dapat mengatasi masalah keuangan dengan cepat. ia akan mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar, untuk kemudian dapat memperbaiki kondisi keterpurukan yang dialaminya.

Bagi anda yang mempunyai minat untuk bekerja di luar negeri, hendaknya mempersiapkan diri sebaik-baiknya, karena disamping kultur yang sangat berbeda, juga mempunyai sistem kerja yang berbeda pula. Karena kalau bekerja di luar negeri lebih dititikberatkaan pada keprofesionalisme sebuah pekerjaan, produktifitas, efektifitas sehingga kita dituntut untuk mengikuti sistem mereka.

download (11)

Tips Melamar Kerja di Luar Negeri

1. Motivasi

).push({});

Motivasi merupakan landasan yang sangat kuat yang menjadi pendorong seseorang untuk bekerja di luar negeri. Hendaknya motivasi ini, didasarkan pada usaha untuk memperbaiki “keadaan” sosial ekonomi, sehingga nantinya akan mengatur managmen keuangan dengan benar. Bekerja ke luar Negeri bulanlah hanya sekedar mencari pengalaman, namun bagai mana anda dapat memperbaiki keadaan ekonomi dengan tepat.

2. Skill yakni kemampuan bekerja pada bidang yang dipilihnya.

Skill atau jenis ketrampilan yang pilihnya adalah berdasarkan visa dari negeri yang membutuhkan sesuai dengan permintaan para yuser. Jika anda memilih visa supir, maka anda harus mempunyai kemampuan mengendarai mobil. Jika anda memilih visa sister, maka anda mempunyai kemampuan sebagai sister. Pendeknya anda menjual kemampuan anda kepada yuser.

2. fisik

Untuk bekerja dii luar negeri, kesiapan yang menyangkut kesehatan fisik tidak bisa dianggap sepele. Karena bagi yuser sangat membutuhkan fisik yang sehat dan kuat. Bagi anda yang bermasalah dengan kesehatan, hendaknya dilakukan pengobatan terlebih dahulu, Adapun jenis penyakit yang tergolong unfit tidak dapat kerja di luar negeri  adalah penyakit gula, Flek paru-paru, ambeien, jantung, darah tinggi. Jika anda mempunyai penyakit ini hendaklah dilakukan pengobatan terlebih dahulu.

4. Mental

Kesiapan mental bagi orang yang akan melamar bekerja di luar negeri adalah sangat penting. Apalagi bagi orang yang belum pernah merantau sama sekali, merantau ke luar negeri merupakan hal yang sangat berat. Disini mental harus digembleng, sehingga menjadi mental yang kuat, yang siap merantau ke luar negeri, dengan segala resiko yang siap dihadapi.

5. Finansial.

Untuk bekerja di luar negeri diperlukan pembiayaan yang tidak sedikit, di dalamnya termasuk untuk mengurusan dokumen, untuk medical, biaya ke PT, transportasi dan akomodasi, dan biaya yang tidak terduga. Anda harus mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mungkin bagi mereka yang sudah berpengalaman, sudah dapat memperkirakan, namun bagi anda yang belum pengalaman, jangan malu bertanya kepada mereka yang berpengalaman.

6. Belajar bahasa inggris dasar
Untuk bekerja di luar negeri hendaknya  anda  menguasai bahasa inggris sebagai alat komunikasi dengan berbagai pihak. Lakukan mempelajari bahsa inggris dasar terlebih dahulu, misalnya mengikuti kursus di english course.
Akan lebih baik lagi jika anda mempelajari bahasa dari negara tempat anda bekerja, misalnya jika anda melamar kerja di korea atau jepang,atau pun arab  maka jangan lupa juga untuk mempelajari bahasa negara tersebut.
7. Mempersiapkan Curiculum Vitae (CV)
Untuk melamar bekerja di manapun, keberadaan curiculum vitae adalah sangat penting. CV ini biasanya berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dipilih dengan berbagai persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.
Itulah Postingan tentang tips melamar pekerjaan di luar negeri. Jika informasi ini bermanfaat, mohon di share atau dibagikan lewat akun medsos anda.

Related posts

One thought on “Tips Melamar Bekerja di Luar Negeri

  1. Very nice article, totally what I was looking for.

Leave a Comment

*