Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa

images (1)

Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa >> Sejak zaman dulu bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa selalu dihadapkan dengan masalah bau mulut, hal ini wajar sebab ketika berpuasa selama sehari penuh tidak makan dan minum, sehingga mulut menjadi kering. Pada saat itulah bau mulut selalu datang dan menjadi masalah. Oleh karenanya saya akan berbagi tips mengatasi Bau mulut saat puasa, semoga dengan cara ini masalah bau mulut dapat diatasi dengan baik.

Bau mulut yang tak sedap disaat puasa memang terkadang sangat mempengaruhi aktivitas keseharian. Bahkan , bisa membuat orang lain yang menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Dan akibatnya, kita menjadi tidak percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

images (32)

Ada beberapa cara untuk mengatasi bau mulut ketika berpuasa yang mungkin akan dapat membantu mengurangi bau mulut sehingga anda kembali percara diri dalam berbagai aktifitas komunikasi dengan sesama ketika berpuasa ramdhan. Untuk mengatasi hal tersebut tentu tidak lepas dari penyebab dari bau mulut itu sendiri.

Penyebab Bau Mulut

1. Ketika berpuasa maka selama sehari penuh tidak makan dan minum, maka mulut tidak dapat memproduksi cairan saliva atau air liur secara sempurna, akibatnya memungkinkan berkembangnya bakteri sehingga mengakibatkan datangnya bau mulut.

2. Adanya sisa-sisa makanan yang terdapat dalam mulut, sehingga bakteri pengubah makanan muncul dan menimbulkan gas sulfur yang menyebabkan datangnya bau mulut

3. Bau mulut yang datang dari dalam perut atau lambung, seperti karena mengidap penyakit atau juga karena makan makanan tertenntu.

4. Karena adanya penyakit dalam mulut seperti gigi dan mulut, misalnya gigi berlubang atau radang gusi.

).push({});

5. Karena puasa maka akan berkurang  mengkonsumsi karbonhidrat, sehingga tubuh akan membakar lemak yang ada dalam tubuh, akibatnya mulut pun akan mengalami proses pembuangan, sehingga mengakibatkan bau mulut.

 

Tips Mengatasi  Bau Mulut ketika Berpuasa 

1. Memperbanyak konsumsi buah-buahan saat sahur, atau bisa juga sayuran yang memiliki aroma khas seperti daun kemangi. Dengan semakin banyak kita memakan buah dan sayur, maka akan membuat gula darah stabil dan pemecahan lemak berkurang sehingga pelepasan ketone pun tak berlebihan.

2. Perbanyaklah minum air putih  ketika sahur dan berbuka, ini dapat membantu cegah bau mulut. Karena dengan memperbanyak minum air putih akan meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut akan terjaga kebersihannya.

3. Lakukan gosok gigi sehabis berbuka dan sahur, ini  dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.
4. Meminumlah  teh hijau tanpa gula ketiika sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut. Teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.

5. Hindari untuk makanan berbau kurang sedap seperti petai, jengkol atau durian, bawang putih atau bawang merah.
6. Berhentilah merokok selama bulan Ramadan. Ini menjadi sarana latihan tidak meroko untuk yang sifatnya permanen.
7. Gunakan obat kumur  untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.

8. Melakukan olah raga ringan dapat membuang zat beracun yang mengakibatkan bau mulut.

Demikianlah atrikel sederhana tentang Tips Mengatasi Bau Mulut Saat Puasa, semoga memberikan manfaat yang besar kepada kita.

Related posts

Leave a Comment

*