Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadhan

images (43)

Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadhan >> Bulan Puasa semakin dekat, tinggal beberapa hari lagi, tentu kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik yang menyangkut mental spritual, yakni dengan membekali berbagai ilmu  tentang keutamaan bulan ramadan, sehingga kita ada peningkatan amaliyah selama puasa, maupun hal lain yang behubungan dengan kesehatan tubuh, sehingga kita dapat melaksanakan puasa dengan sempurna, tanpa ada hambatan sedikit pun. Untuk itu kali saya akan berbagi tentang Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadhan.

Karena jika kita mengalami sakit, maka secara otomatis akan menjadi beban untuk mengulangi atau membayar puasa di bulan setelahnya. Perlu kita ketahui pula secara kwalitas berpuasa saat Bulan Romadan jauh lebih utama ketimbang berpuasa di luar bulan Romadhan, walaupun kita sedang melaksanakan qodo.

Berpuasa akan menyehatkan tubuh, begitulah Rosuullah menyatakan tentang keutamaan puasa dari sisi kesehatan. Setelah kita makan dan minun dengan bebas selama 11 bulan, baik pagi, siang, sore maupun malam. Diakui atau tidak kebiasaan semacam ini jika berlangsung secara terus menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Dengan berpuasa maka akan mengembalikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat, juga kondisi mental dalam keadaan sehat.

images (43)

 

Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan agar puasa kita tanpa mendapatkan hambatan:

1. Bersahurlah di akhir malam.

Dengan bersahur di akhir waktu sebelum imsyak, akan memberikan manfaat yang sangat besar, tubuh akan terasa lebih segar, dibanding dengan sahur di waktu awal malam. Perbanyaklah minum air sebagai persediaan untuk sewaktu siang hari. Perlu diketahui bahwa kebutuhan tubuh akan air sebanyak 1.5 liter perhari,

2. Makanan 5 sehat 6 sempurna.

Sangat penting untuk memilih menu makanan sahur dan buka puasa yang menyehatkan. Buatlah daftar menu untuk mempermudah ketika akan menentukan apa yang akan dikonsumsi saat buka puasa maupun makan sahur. Yang jelas kita harus memasukkan jenis-jenis makanan yang bergizi tinggi pada menu makanan saat puasa. Jangan pernah mengonsumsi junkfood baik ketika berbuka maupun sahur. Anda juga tak boleh terlalu banyak minum es ketika berbuka. Meskipun minuman dingin sangat nikmat untuk disantap ketika berbuka, namun es dapat membuat sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat. Karena itu banyak orang yang merasa pusing setelah minum es, terlebih setelah perut kosong selama seharian.
).push({});

Makanan yang memenuhi kriteria 5 sehat 6 sempurna, ini akan memberikan kesegaran tubuh sepanjang hari. Jangan berlebihan makanan yang terlalu banyak mengandung minyak, karena akan mengakibatkan kehausaan di siang hari, dan akan mengakibatkan datangnya panas dalam.

3. Ketika di siang hari hendahnya tidak bekerja yang terlalu berlebihan, yang mengakibatkan akan datang kehausan. Bekerjalah sesederhana mungkin, dengan tetap menjaga kwalitas pekerjaan.

4. Berbukalah dengan makanan yang manis, akan lebih utama memakan kurma 3 sampai 5 biji. Hal ini akan mengembalikan kesegaran dengan cepat. Bertahaplah dalam makan berbuka, yakni diwali dengan kolak, kurman dan minum.

5. Makanlah setelah shalat magrib. Ini akan mendatangkan ketenangan dan menjaga keterkejutan lambung menerima berbagai makanan secara sekaligus.

6. Hindari makan yang berlebihan. Semua yang namanya berlebihan adalah tidak baik apalagi makan setelah buka puasa. Hal ini akan sangat mengganggu pada kesemangatan dalam beribadah, baik shalat taraweh atau pun tadarus.

7. Tidurlah siang akan mengumpulkan energi, sehingga akan mengakibatkan tubuh tetap terjaga kesehatannya.

Baca selengkapnya

Demikianlah artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan saat Puasa Ramadhan, semoga membarikan bekal tentang bagaimana cara menjaga kesehatan ketika puasa ramadhan.

 

Related posts

Leave a Comment

*