Tips Sukses Memulai Usaha Kecil

download (1)

Tips Sukses Memulai Usaha Kecil >> Semua orang  untuk memulai sesuatu yang baru seringkali ragu-ragu untuk melangkah, banyaknya pertimbangan terkadang justeru menjadi kendala dalam memulai usaha.  Dipikir siang malam tanpa henti, ujung-ujungnya tidak memulai, karena adanya usaha jenis baru yang muncul dibenaknya. Modal yang sudah diperiapkan akhirnya habis digunakan keperluan, begitulah seterusnya. Ketakutan dan kekhawatiran akan kagagalan sebenarnya wajar terjadi, namun kalau hal tersebut menjadi kendala seseorang untuk memulai usaha, hal ini justeru merupakan kegagalan yang sesungguhnya.

Oleh karena itu  untuk memulai usaha hendaklah berangkat dari yang apa dapat kita lakukan, tak perlu menunggu  layaknya usaha yang sudah berjalan bertahun-tahun.Kecuali memang keadaan permodalan yang besar, dengan dukungan sumber daya yang cukup,  maka anda bisa untuk memulai dengan sebagaimana yang dikehendakinya ataau direncanakannya.

Untuk memulai membuka usaha hendaknya didasari dengan modal optimisme, ide usaha, ketekunan dan kerja keras. Untuk membuka usaha itu tidak dapat dilakukan dengan instant, ibarat anda menanam pohon kelapa, tak mungkin hari ini menanam langsung besar dan langsung berbuah. Sebulan anda menanam pohon kelapa baru mulai tumbuh, dan untuk sampai berbuah maka diperlukan ketekunan merawat, selama kurang labih 5 tahun.

images (9)

Untuk memulai membuka usaha hendaknya tentukan alasan, tujuan, dan model usaha yang akan dilajaninya, Milikilah alasan yang kuat kenapa Anda ingin membuka dan memulai menjalankan bisnis dan usaha sendiri. Pastikan alasan tersebut merupakan tujuan jangka panjang dan bukan alasan sesaat.

Pelajari bagaimana mereka yang telah sukses dengan model bisnis yang serupa dengan yang akan anda kerjakan. Akan sangat baik sekali jika anda  membuka dan memulai usaha dari hobi dan ketrampilan yang Anda milki, waaupun harus dipertimbangkan faktor geografis, sosial ekonomi masyarakat yang menjadi sasaran costumer anda.

Tips Sukses Memulai Usaha Kecil

1. Tentukan Visi & Misi Usaha,

Untuk memulai usaha hendaknya lebih dahulu  menentukan visi dan missi usaha, hal ini penting sebagai landasan dalam melangkah.

2. Gali ide usaha.

Dalam memilih atau mencari  ide usaha hendaknya yang berhubungan dengan  sesuatu hal yang berkaitan dengan hobby, atau ada yang berhubungan dengan keahlian atau hal lain yang menarik perhatian. Hal ini penting karena yang sesuatu yang berhubungan dengan kesenangan, maka ia akan banyak melakukan inovasi.

3. Kuasai Ilmu Bisnis

Menguasai ilmu bisnis yang berhubungan dengan usaha yang hendak dilakukan adalah mutlak sebuah keharusan. Tanpa menguasai ilmu bisnis maka usaha yang dijalankan tidak akan berkembang sebagai mana mestinya, bahkan cenderung stagnase.

4. Bertindak dengan optimisme

Mulailah usaha yang kita rencanakan dengan penuh optimisme, karena menjalankan sebuah usaha hingga mencapai kesuksesan membutuhkan pengorbanan, perjuangan dan perjalanan panjang dengan kerja keras yang harus dijalankan.

5. Memulai dari nol.

).push({});

Dalam memulai bisnis hendaknya berangkat dari nol. Arinya dalam memulai usaha hendaknya berasumsi bahwa usaha itu seperti menanam pohon (kelapa) artinya dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan hasil yang besar, membutuhkan waktu, pemeliharaan, dan pengorbanan.

Ketika memulai bisnis hendaknya realistis dengan keadaan anda dan lingkungan anda, sehingga anda dapat dengan mudah untuk menentukan jenis usaha yang anda bangun.

6. Tingkatkan Pelayanan.

Anda paham bukan bahwa di luaran saya banyak pesaing usaha anda ? Trik mengatasinya yakni dengan meningkatkan pelayanan. Kuasai keahlian berkomunikasi dengan pelanggan sehingga pelanggan “engan” meningggalkan anda.

7. Jual “brand” anda.

Brand usaha atau bisnis merupakan ciri khas milik anda, karena itu hendaknya bangun brand anda, denga  memulai pada konsistensi pada bisnis yang anda kelola. Pahami bahwa usaha membutuhkan kerja keras, pengorbanan dan pantang menyerah.

8. Inovasi  teknologi terbaru.

Teknologi terbaru yang memungkinkan untuk mengembangkan usaha adalah sangat penting. Lakukan tehnologi terbaru untuk mengembangkan bisnis anda, misalnya hal yang berkaitan dengan managemen, ataupun tentang tehnik informatika.

9. Ketahui Kebutuhan dasar

Bahwa untuk menjalankan jenis usaha hendaknya anda mengetahui kebutuhan dasar modal yang diperlukan, sehingga anda dalam menjalankan usaha tidak mengalami kesulitan. Jika modal dasar yang dibutuhkan dengan terlalu minim niscaya anda tidak dapat menjalankan usaha dengan baik, begitu juga jika modal  anda terlalu besar untuk sebuah usaha yang tidak sesuai akan mengakibatkan tidak fokus.

10. Rekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan

Terlepas dengan jenis usaha dan kapasitas uhana anda, perekrutan karyawan untuk mengembangkan usaha adalah sebuah kebutuhan. Dalam hal ini tentu anda harus merekrut karyawan sesuai dengan kebutuhan, baik dari segi kwantitas maupun kwantitas karyawan yang dimaksud.

Baca selengkapnya

Itulah tips sukses memulai usaha kecil, semoga memberikan manfaat dan selamat sukses…

 

 

Related posts

One thought on “Tips Sukses Memulai Usaha Kecil

  1. Siapapun bisa memulai usaha. Harus yakin dan mantap dulu awalnya

Leave a Comment

*