Tujuh Keistimewaan Bulan Ramadhan

images (30)

Tujuh Keistimewaan Bulan Ramadhan >> Tak terasa bulan Ramadhan sudah seminggu, serasa baru kemaren kita memulai puasa hari pertama, kini sudah 8 hari, padahal kita masih belum maksimal melaksanakan segala perintah Allah dalam hubungannya dengan bulan Ramadhan ini.

Ada banyak alasan, mengapa belum maksimal dalam beribadah di bulan Ramadhan, dari mulai karena pekerjaan yang sangat sibuk, sampai pada alasan karena malas. Tapi apa pun alasan yang kita kemukakan, semuanya hanya sebatas kulitnya saja, Sesungguhnya hal yang sangat mendasar, mengapa kita tidak maksimal beribadah dalam bulan romadhan adalah karena lemahnya iman.

Dengan keadaan lemahnya iman, maka tidak mempunyai kekuatan yang besar untuk melaksanakan seluruh perintah Allah dan sunnah, dalam bulan Ramadhan ini. Padahal kita telah banyak membaca bahwa bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimmewa, dibanding dengan bulan-bulan lain. Baca Keutamaan Malam lailatul Qodar

images (32)

Kali ini saya akan membuka kembali tentang keistimewaan Bulan Ramadhan, agar dapat meningkatkan ghairah ibadah di bulan Ramadhan ini, baik yang sifatnya wajib maupun yang sunah.

1. Syahrul Maghfiroh atau bulan penuh ampunan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, sebagai mana sabda Nabi saw. Artinya : “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhori Muslim)

2. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup dan syetan dibelenggu

Sebagaimana Sabsa Rosul saw. Artinya : “apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu” (HR Bukhori Muslim)

3. Bulan Penuh Berkah dan Rahmat

).push({});

Rosul bersabda yang Artinya : “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.. “(HR. An Nasai).

Dalam hadits lain beliau bersabda yang Artinya : “Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu” ( Bukhari dan Muslim).

4. Pahala Ibadah digandakan

Pada bulan Ramadhan, pahala ibadah dilipatgandakan sebagai mana sabda Rasulullah SAW bersabda : “Hai manusia, bulan yang agung, bulan yang penuh berkah telah bernaung…….. Barang siapa pada bulan itu mendekatkan diri pada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan tujuh puluh kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya……. (HR. Bukhori dan Muslim).

5. Terdapat Malam Lailatul Qadar

Seperti dalam firman Allah SWT :”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu ? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seri bulan. Pada malam itu turun malikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar (Al Qadr : 1-5).

6. Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat,

Artinya : “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah.. “(HR.  An Nasai). dalam hadits lain  : “Apabila telah masuk bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu rahmat, sedangkan pintu-pintu neraka jahannam ditutup, dan setanpun dibelenggu” (HR Bukhari dan Muslim)

7. Bulan Di Turunkannya Al-Qur’an

Artinya : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang didalamnya diturukan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan bathil” (QS. Al-Baqarah 185). Baca 9 Tips Umrah di Bulan Ramadhan

 

Related posts

3 thoughts on “Tujuh Keistimewaan Bulan Ramadhan

  1. We stumbled over here different page and thought I might
    as well check things out. I like what I see so
    now i’m following you. Look forward to going
    over your web page for a second time.

  2. Arifudin

    banyak keistimewaan bulan ramadhan mari kita berlomba amal dan berbagi kebaikan

    1. abufauzan112

      betul mas…. momentum sangat berharga untuk meningkatkan amal ibadah

Leave a Comment

*