Wisata Kota Pangandaran & Kuliner Pindang Gunung

images (37)

Pangandaran Kota Wisata

Salah satu lokasi tempat wisata di Jawa Barat Bagian selatan sebelah timur  yang berbatasan dengan wilayah Jawa Tengah adalah Pangandaran. Bila anda datang ke tempat wisata Pangandaran ini sungguh  sangat  menakjubkan, dengan hamparan pantai yang berada di dekat teluk gelombang laut datang sangat bersahabat dan anda dapat bermain-main dengan ombak sembari mandi pantai menggunakan pelampung ban bekas.

Asal muasal wilayah Pangandaran menjadi daerah wisata adalah karena wilayah ini mempunyai pantai yang sangat indah, Kata Pangandaran terdiri dari 2 kata yakni Pangan yang artinya makanan Daran yang berarti Pendatang, yang berarti sumber pangan bagi pendatang.

.                                               images (35)

pada tahun 1961 di kawasan hutan di sekitar pantai  ditemukan Bunga Raflesia,yang kemudian  statusnya berubah menjadi daerah cagar alam. Seiring dengan perkembangan tempat rekreasi, maka tahun l978 tempat ini resmi dijadikan sebagai kota wisata.

 

Kuliner Pindang Gunung

).push({});

Namun anda tidak akan sempurna jika anda tidak mencicipi kuliner yang satu ini, Pindang Gunung Khas Pangandaran. Salah satu Kuliner khas pangandaran  adalah  Karya Bahari di Pasar Ikan Pantai Timur dan sekitar 3 Kilometer ebelum gerbang masuk pantai, saya menemukan menu baru yang belum pernah saya temukan sebelumnya. ‘Pindang Gunung.’

Menu Pindang Gunung sangata terkenal dengan rasa pedas merangsangnya, memang mulai populer saat Pangandaran menjadi  Kabupaten Pangandaran pada tahun 2013 lalu.

Pindang Gunung pangandaran

Para tamu  wisatawan yang datang pun digiring dengan promosi  sebagai  salah satu daya terik tambahan wisata pangandaran. Hal ini diapat dilihat dari banyak promosi spanduk yang bertebaran di sekitar pangandran

Pindang Gunung itu terdiri dari ikan kakap merah. Kenapa memiih kakap,  karena tekstur daging yang dimilikinya sangat  tebal dan kenyal dengan cita rasa tidak anyir. Ciri khas lain Pindang Gunung Pangandaran  itu adalah dengan menambahkan  honje atau kecombrang dan daun kedondong sebagai penyedap.

 

 

Related posts

2 thoughts on “Wisata Kota Pangandaran & Kuliner Pindang Gunung

  1. Terimakasih atas kerja samanya dalam bkreutar link, alhamdulillah link mas sudah saya pasang di blog saya, semoga dari pertukaran link pariwisata indonesia semakin di kenal, sukses selalu dan salam hangat dari pelangiholiday.com

    1. abufauzan112

      sama-sama mas… saya masih belajar. Koreksi bila tidak tepat

Leave a Comment

*